News Commerce

Pengertian dan Perbedaan Media Cetak dan Elektronik serta Contoh-Contohnya

Senin, 13 Desember 2021 - 08:49 | 2.66m

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berkaitan dengan komunikasi massa, ada 2 sarana utama yang digunakan untuk menyebarkan berita atau pesan kepada khalayak ramai. Ini adalah media cetak, misalnya koran dan majalah,  dan media elektronik seperti televisi, radio, sampai internet. 

Berikut perbedaan media cetak dan elektronik yang mendasar untuk menambah wawasan Anda.
Pengertian dan Contoh Media Cetak Dan Elektronik

Media cetak merupakan sarana penyebaran informasi yang paling tua. Karakteristik utamanya adalah bersifat hard copy atau mempunyai wujud fisik yang diproduksi dengan bahan kertas dan tinta menggunakan mesin cetak.

Tujuan pembuatan media cetak adalah untuk menyebarkan informasi, pesan, berita, termasuk iklan kepada publik. Jenis media cetak yang utama adalah koran alias surat kabar atau tabloid, majalah, dan buku.

Koran dan tabloid didominasi oleh materi berita dalam bentuk artikel dan iklan yang disajikan secara menarik untuk menarik minat pembaca. Kedua media cetak tersebut terbit secara teratur baik harian maupun mingguan.

Selanjutnya adalah majalah dengan konten berupa wawancara, opini, atau fitur, dengan tipe majalah tersebut. Ini misalnya majalah olahraga, kesehatan, fashion wanita, parenting, dan lain-lain. Iklan yang termuat biasanya juga relevan dengan niche majalah itu.

Contohnya reklame produk popok bayi pada majalah ibu dan anak, aftershave pada majalah pria, fashion item kekinian untuk majalah remaja, dan seterusnya.

Buku teks, kumpulan cerpen, sastra, dan sebagainya juga termasuk media cetak yang mungkin saja membawa kampanye tertentu. Ini bisa berkaitan dengan produk, pemikiran, ide, atau propaganda.

Sementara media elektronik adalah bentuk perkembangan baru media komunikasi massa melalui perangkat elektronik untuk menyebarkan berita. Ini misalnya televisi, radio, dan gawai dengan internet yang penggunaannya kian meluas pada era digital ini. 

Perangkat-perangkat tersebut dapat memuat berita dalam bentuk audio, visual, multimedia, konten online, dan sebagainya.

Poin Mendasar Dalam Perbedaan Media Cetak Dan Elektronik

breaking.jpg Agar semakin jelas, simak poin-poin mendasar yang membedakan antara media cetak dan elektronik.

 

●    Bentuk media

Media cetak mempunyai wujud fisik berupa hard copy berbentuk kertas yang memuat tulisan dan ilustrasi gambar. Semetera media elektronik tersaji pada perangkat elektronik dalam bentuk suara, visual, multimedia, konten online, animasi interaktif, dan sebagainya.

●    Pemirsa

Audiens dari media cetak adalah orang-orang yang melek huruf sehingga sanggup memahami maksud tulisan. Sementara media elektronik lebih fleksibel dan dapat menjangkau lebih banyak kalangan, termasuk mereka yang buta huruf.

●    Kemudahan mengakses berita terbaru

Media cetak terbit secara teratur baik mingguan atau bulanan, berbeda dengan media elektronik yang memungkinkan pengguna mengakses publikasi kapan saja. Ini tentu saja berkaitan dengan konten online di internet yang hadir 24 jam sehari dan 7 hari seminggu menyediakan berbagai jenis berita dan publikasi teraktual.

Demikian pula bagi pemilik konten dapat memutakhirkan publikasinya sesuai kehendak, misalnya saat ada berita pemberitahuan terbaru dari otoritas yang berwenang.

●    Jangkauan

Pada media cetak cakupan jangkauannya lebih terbatas daripada media elektronik, yaitu hanya meliputi kota, provinsi, atau negara tertentu. Sedangkan media elektronik dapat menjangkau semua orang di seluruh dunia yang terhubung dengan internet.

●    Keterlibatan pemirsa

Audiens tak dapat memberikan respon secara langsung pada publikasi media cetak. Namun untuk konten berita online Anda bebas berkomentar mengungkapkan opini, menyukai suatu berita, hingga membagikannya kepada orang lain. 

Dengan kata lain media elektronik lebih interaktif dalam melibatkan pemirsa daripada media cetak.

Penutup:

Dari segi bentuk perangkat, sudah jelas bahwa media cetak memiliki wujud nyata berupa lembaran kertas yang dapat disentuh atau Anda bawa kemana-mana. Sementara media elektronik menayangkan materi beritanya dalam bentuk gambar bergerak, suara, animasi, atau konten online.

Selain itu perbedaan media cetak dan elektronik juga mencakup tipe audiens, kemampuan akses kabar terbaru, jangkauan, hingga keterlibatan audiens.

Bagi pebisnis yang ingin membangun brand awareness untuk suatu produk atau layanan, Anda dapat menggabungkan kedua jenis media tersebut untuk beriklan. 

Tidak hanya memasang reklame pada media cetak untuk meningkatkan trust, manfaatkan iklan advertorial online demi menjangkau lebih banyak target konsumen. 

Ini karena model iklan berupa konten artikel informatif memberikan value tersendiri kepada pemirsa, walaupun tetap memuat promosi produk atau jasa tertentu. Satu lagi keunggulan iklan advertorial adalah mempunyai peluang yang lebih besar untuk dibagikan oleh audiens.

Semoga bermanfaat.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES