Gaya Hidup

Lewat Kisah Kebaya, Desainer Ayu Mega Ingin Ajak Anak Muda Cintai Busana Tradisional

Minggu, 12 Desember 2021 - 22:56 | 66.83k
Desain Kebaya Karya Ayu Mega saat tampil di La Fame Parade Desainer Chapter ONE 2021, Minggu (12/12/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).
Desain Kebaya Karya Ayu Mega saat tampil di La Fame Parade Desainer Chapter ONE 2021, Minggu (12/12/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Desainer muda asal Surabaya, Ayu Mega lewat desainnya yang ia beri nama Kisah Kebaya by Kebaya Ningrat menampilkan 6 desain kebaya dalam La Fame Parade Desainer Chapter ONE 2021 yang diselenggarakan di Lagoon Avanue Mall Sungkono.

Melalui desain kebaya karyanya itu Ayu Mega ingin mengajak anak muda untuk bisa lebih mencintai busana tradisional Indonesia.

Perempuan yang akrab disapa Ayumi itu mengatakan karya yang ia tampilkan Minggu (12/12/2021) adalah karya penutupnya di tahun 2021 sekaligus karya pembuka di tahun 2022. Konsep desain kebaya yang ia tampilkan adalah tradisional, elegan serta dibalut nuansa khas Indonesia.

"Kita fokus kebaya tradisional Indonesia. Tahun 2022 itu kita keluarkan 6 koleksi karya terbaru.  Dimana warna-warnanya itu masih dominan di tahun 2022," ujar Ayumi.

Bahan kebaya yang ia gunakan adalah bahan brokat, bahan tersebut bisa digunakan untuk semua kalangan. Semua bahan yang ia gunakan pun adalah bahan lokal, hal tersebut karena Ayumi ingin menggaungkan tradisi budaya Indonesia.

"Kita gabungkan dengan batik sebagai bahawan. Kalau batiknya sendiri, karena kita mengeluarkan 6 koleksi sehingga tidak jauh dari nuansa bunga atau sekar jagad," urainya

Sementara untuk warna-warna yang ia gunakan dalam karyanya itu adalah warna-warna pastel. Hal ini agar meskipun kebaya adalah busana tradisional, dengan warna pastel kebaya akan terlihat lebih modern.

"Anak muda masih bisa pakai. Sehingga Harapannya juga anak muda itu tidak ragu untuk memakai kebaya di semua acara, Jadi kita tidak meninggalkan  budaya kita dan kita bisa mencintai budaya itu sendiri," ujar Ayumi.

Ayu Mega mengatakan dengan desain yang ia tampilkan tersebut kebaya tak hanya sebagai sebuah busana yang dikenakan saat pernikahan atau tunagan, akan tetapi kebaya juga bisa digunakan di berbagai acara lainnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES