Tekno

6 Aplikasi Tanya Jawab Soal, Gratis Lho!

Minggu, 12 Desember 2021 - 06:19 | 3.02m
Ilustrasi. Aplikasi Tanya Jawab Soal. (FOTO: Pintek)
Ilustrasi. Aplikasi Tanya Jawab Soal. (FOTO: Pintek)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ternyata ada aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Aplikasi tanya jawab soal bisa menjadi alternatif dalam mendukung pembelajaran.

Kehadiran aplikasi ini bisa membantu Anda untuk bertanya mengenai tugas sekolah serta menemukan jawaban dari soal pembelajaran, teknologi, dan pertanyaan umum lainnya.

Anda tidak hanya sekadar memperoleh jawaban, tetapi juga penjelasan dari materi tersebut yang ditanyakan hingga paham.

Aplikasi tanya jawab soal hadir beragam jenis, mulai berbentuk forum atau hanya sekadar sarana bertanya. Berikut ini penjelasan mengenai ragam aplikasi tersebut.

Pilihan Aplikasi Tanya Jawab Soal

Penggunaan internet untuk belajar merupakan hal positif. Salah satu pemanfaatan internet dalam pembelajaran adalah penggunaan aplikasi tanya jawab soal yang terdapat pada perangkat Android.

Para siswa dan guru dapat memanfaatkan aplikasi tanya jawab soal untuk bertanya seputar materi yang belum dipahami. Selanjutnya, pertanyaan tersebut bisa didiskusikan dan dibahas.

Beriku ini 6 aplikasi tanya jawab soal yang dapat anda manfaatkan secara gratis.

1. Brainly
Brainly merupakan komunitas belajar terbesar di dunia. Brainly merupakan salah satu aplikasi tanya jawab soal yang hadir dengan berbagai kelebihan. 

Brainly merupakan aplikasi pembelajaran online yang dapat memberi kemudahan untuk bertanya serta menemukan jawab seperti PR.

Sistem kerja dari aplikasi ini adalah Anda bisa bertanya tentang soal atau tugas yang diberikan dalam bentuk foto atau pertanyaan tertulis. 

Anda dapat leluasa untuk bertanya serta turut menjawab dalam berbagai pertanyaan di aplikasi Brainly. Beragam kisi-kisi, kunci, hingga kalkulasi beragam mata pelajaran sekolah tersedia dalam aplikasi ini.

Selain gratis, aplikasi Brainly tidak terbatas sehingga sangat mudah untuk anda akses kapan dan di mana pun. Brainly juga mempermudah para guru atau dosen untuk mengedukasi secara online. 

Hal menarik yang bisa ditemukan di Brainly, ada ribuan moderator yang akan membantu menjawab pertanyaan.

2. Photomath
Photomath merupakan aplikasi tanya jawab soal yang tidak kalah menarik. Anda dapat dengan mudah dalam menjawab soal atau tugas yang diberikan oleh para guru dari sekolah.

Aplikasi ini khusus untuk pelajaran Matematika yang tidak kalah menarik dari aplikasi yang lainnya.  Hanya dengan memotret lembar soal tersebut melalui aplikasi ini, maka secara otomatis Photomath akan memberikan jawabannya untuk anda secara tepat dan benar.

Cara kerja Photomath cukup mudah, seperti yang disebutkan sebelumnya, anda tinggal memotret soal yang ingin anda tanyakan dengan menggunakan kamera ponsel anda.

Selanjutnya foto tersebut dapat di-upload pada aplikasi. Lalu Photomath akan merinci setiap soal matematika dengan langkah-langkah yang sederhana dan mudah untuk anda pahami. 

3. Kelas Pintar
Aplikasi tanya jawab soal yang lain adalah Kelas Pintar. Anda bisa memanfaatkannya secara gratis ,maupun berbayar. Dengan menggunakan Kelas Pintar, para siswa akan memperoleh solusi belajar lengkap mulai dari siswa SD, SMP, hingga SMA yang dapat diakses setiap hari.

Anda juga dapat belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara audio, visual, ataupun kinestetik. Dengan metode belajar interaktif dari aplikasi Kelas Pintar. Menariknya, Kelas Pintar juga memberikan fitur untuk tanya jawab soal secara online.

4. Robo Guru
Robo Guru terdapat di aplikasi Ruangguru, yang bisa digunakan untuk tanya jawab soal secara gratis.  Untuk dapat menggunakan fitur ini, pastikan anda telah memiliki akun Ruang Guru. 

Cara kerja dari Robo Guru cukup mudah, anda tinggal mengirim soal yang akan anda tanyakan dalam bentuk foto kemudian unggah atau upload.

Robo Guru pun akan memproses pertanyaan dalam waktu 3 hingga 5 detik saja. Maka, soal berhasil terjawab secara lengkap dengan cara pembahasannya.

Berikutnya, aplikasi tanya jawab soal ini akan menampilkan 5 soal serta jawaban yang paling relevan dengan pertanyaan anda. Maka tidak hanya menjawab soal, akan tetapi anda juga akan memperoleh referensi soal yang mirip lainnya.

5. Qanda
Aplikasi tanya jawab soal ini pernah meraih peringkat nomor satu di Play Store. Kelebihannya, di aplikasi ini Anda bisa bertanya melalui live chat.

Cara kerja aplikasi ini jawaban live chat 1:1 langsung dari mahasiswa universitas terbaik. Untuk soal kamu tanyakan tidak hanya matematika, tapi juga Bahasa Indonesia, Sains, Sosial, hingga Esai.  Anda dapat mendengarkan penjelasan detail dari tutor.

6. CoLearn
Colearn merupakan aplikasi tanya jawab soal berikutnya. Apabila Anda sering merasa kesulitan ketika mengerjakan atau belajar Matematika, aplikasi ini dapat membantu kesulitan tersebut.

Caranya, silakan foto tugas maupun PR Matematika-mu. Terdapat fitur tanya jawab, live class, dan fitur foto soal yang bisa Anda gunakan pada aplikasi ini. 

Hanya dengan foto soal yang ingin Anda tanyakan, akan didapatkan jawaban, solusi, sekaligus video pembelajaran agar Anda semakin paham.

Hadirnya beragam aplikasi tanya jawab soal yang bisa didapatkan gratis ini, membantu anda saat berhadapan dengan materi pelajaran sekolah yang belum dipahami. Semoga 6 aplikasi tanya jawab soal ini bisa membantu Anda dalam menyelesaikan tugas atau soal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES