Tekno

9 Aplikasi Video Editor Android Terbaik, Gratis!

Sabtu, 11 Desember 2021 - 15:24 | 101.57k
Ilustrasi aplikasi video editor android. (FOTO: LOGIQUE)
Ilustrasi aplikasi video editor android. (FOTO: LOGIQUE)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada banyak software penyunting video untuk PC. Namun aplikasi video editor android juga tersedia cukup beragam. Aplikasi itu menjadi salah satu layanan bagi mereka yang menyukai kreativitas melalui tampilan audio visual pada video.

Dalam sebuah tayangan video, biasanya terdapat tambahan berupa latar lagu, kolase foto, hingga teks di dalamnya. Hal ini bisa dilakukan dengan relatif mudah. 

Untuk melakukan penyuntingan atau editing sesuai keinginan, Anda tinggal mengunduh aplikasi Video Editor untuk android. Beragam fitur dalam aplikasi-aplikasi ini dapat  membantu Anda mengedit video dengan relatid mudah dan praktis.

Ragam Aplikasi Video Editor Android

Pengguna makin dimudahkan dengan tersedianya aplikasi Video Editor di Android. Anda tinggal mengunduhnya di Play Store secara gratis, tersedia pula yang berbayar.

Berikut ini 7 aplikasi video editor android yang bisa diunduh secara gratis di Play Store.

1. FilmoraGo
Aplikasi video editor yang bisa dicoba untuk berkreasi adalah FilmoraGo. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk ditampilkan pada berbagai platform media sosial.

FilmoraGo adalah aplikasi video editor android yang banyak disukai. Selain mudah digunakan, video yang dihasilkan dari aplikasi ini bisa langsung diunggah di media sosial, atau terlebih dahulu disimpan di ponsel pintar Anda.

FilmoraGo-2.jpgFOTO: Nusae

Ada beragam fitur yang tersedia dalam aplikasi FilmoraGo. Ada fitur pemotongan tayangan video, penambahan tema, dan musik. Anda sebagi pengguna juga bisa menggabungkan beberapa video pilihan.

Pengguna juga bisa menambah teks, transisi, video terbalik, slow motion dengan rasio 1:1 sampai 16:9. Selain fitur-fitur gratis, FilmoraGo menyediakan fitur berbayar alias bisa Anda beli.

2. Kinemaster
Aplikasi Kinemaster hadir dengan fitur-fitur canggih untuk Android. Namun aplikasi video editor ini terbilang mudah digunakan.

KineMaster menyajikan langkah pengeditan granular tiap bingkai demi bingkai konten. Tersaji juga pratinjau instan prerender serta dukungan sampai empat trek klip audio maupun audio tidak terbatas.

kinemaster.jpgFOTO: Kinemaster/Google Play

Aplikasi Kinemaster memungkinkan sampai dua lapisan video yang bisa Anda animasikan lewat efek prasetel maupun animasi bingkai utamanya.

Upaya animasi juga berlangsung dengan pengkomposisian kunci kroma, kontrol kecepatan sampai penyesuaian warna tepat. Kontrol kecepatan tersebut mulai dari 0,25x sampai 1,5x tanpa adanya distorsi nada dalam audio.

Anda bisa dengan mudah mengimpor file dari media yang berbeda dengan mudah. Anda dapat menikmati aplikasi Kinemaster secara gratis baik di Android, iPad maupun iPhone.

3. Adobe Premiere Clip
Aplikasi ini memungkinkan Anda menyunting video langsung dari Android dengan cepat.  Adobe Premiere Clip termasuk aplikasi Video Editor yang terdapat bermacam fitur.

Kemampuan pembuatan video yang otomatis dengan foto atau klip apa pun yang dipilih, menjadi andalan pada aplikasi ini. 
Pengeditan menggunakan fungsi otomatis maupun fitur lainnya yang lebih canggih.

Adobe-Premiere-Clip.jpgFOTO: DVS

Anda bisa menggunakan fitur-fitur di dalamnya seperti memotong, memangkas, menambahkan transisi, musik, filter, efek, dan lain-lain. Anda dapat menyesuaikan video bersama irama soundtrack berdasarkan pilihan tersendiri. Pengguna aplikasi ini juga bisa menambahkan seluruh sentuhan akhir misalnya transisi ataupun judul.

Aplikasi Adobe Premiere Clip terintegrasi dengan layanan Adobe lain seperti Capture CC, Lightroom, serta Premiere Pro. 

Selain di android, Adobe Premiere Clip juga bisa pengguna gunakan dalam iPhone ataupun iPad. Aplikasi ini gratis diunduh. Anda juga bisa membagikannya secara langsung ke sosial media.

4. Viva Video
Aplikasi video editor berikutnya adalah Viva Video. Aplikasi ini  memungkinkan pengguna untuk menggabungkan video menggunakan sejumlah ketukan dalam ponsel.

Aplikasi Viva Video menyediakan layanan gratis yang mencakup ratusan efek tersedia untuk penggunanya. Ada pula stiker, klip animasi, filter serta subtitle sehingga dapat mengubah klip video menjadi konten yang bisa dibagikan.

vivavideo.jpgFOTO: VivaVideo/Google Play

Viva Video juga mempunyai fitur bernama control gerakan lambat (slow motion) maupun cepat. Ada pula sembilan pilihan lensa khusus, banyaknya template kolase serta perpustakaan musik di latar. 

Memotong dan menggabungkan klip tentu juga bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Pengguna juga bisa membagikan video dalam jaringan aplikasi Viva Video. Ada lebih dari 200 juta pengguna aplikasi yang bisa memamerkan hasil penyuntingan konten.

5. Power Director
Aplikasi Video Editor bernama Power Director merupakan layanan edit video gratis untuk perangkat android maupun windows. Aplikasi tersebut menawarkan banyak hal mulai dari efek video seta pengeditan model FX.

power-director.jpgFOTO: Power Director

Pengeditan dengan FX menggunakan control seret serta lepas yang intuitif. Pengguna juga bisa mengedit layar belakang biru maupun hijau dengan kunci chroma dan editan gerakan lambat.

Dalam aplikasi ini terdapat pengeditan video vertikal secara khusus untuk seluler serta seluruh alat transisi sekaligus pemangkasan umum.

6. Videoshop
Videoshop merupakan pilihan aplikasi Video Editor lain yang terdapat berbagai fitur menarik. Penggunanya bisa melakukan seluruh pemotongan klip biasa, memberikan efek suara maupun menambah teks.

Pengguna aplikasi ini dapat menambahkan transisi serta mengintegrasikan suara dari perpustakaan musik ponsel pengguna. 

videoshop.jpgFOTO: Videoshop

Selain itu ada juga sejumlah tambahan kecil yang terbilang unik. Misalnya Videoshop memungkinkan penggunanya mengubah tampilan pemutaran video, sehingga pengguna dapat mempercepat, membuat animasi stop motion, memperlambat durasi maupun memutar dengan terbalik.

Videoshop dapat Anda nikmati dalam iPad, Android maupun iPhone tanpa terkena biaya alias gratis.

7. Quik
Quik sendiri adalah aplikasi Video Editor asal GoPro yang dapat dipakai di iPad, Android maupun iPhone. Aplikasi edit video gratis tersebut memungkinkan pengguna menambahkan efek maupun transisi ke maksimal 200 foto.

Penambahan juga bisa untuk klip video yang berasal dari GoPro Plus maupun folder foto pengguna. Dengan Quik pengguna bisa memangkas, memutar foto, memperbesar maupun membuat klip video. Juga dapat menyinkronkan semuanya secara cepat dengan musik apapun.

quik.jpgFOTO: Quik

Mereka juga bisa memilih sebanyak 26 tema berbeda dengan adanya banyak folder, grafik serta font. Dengan menggunakan Quik pengguna dapat membuat video HD 720p atau 1080p dalam format persegi, bioskop maupun potret.

8. Picplay Post
PicPlay Post memungkinkan penggunanya menambahkan sampai 365 media guna membuat video dengan durasi 30 menit. Di samping itu, penggunanya bisa membagikan video tersebut dalam kualitas hingga 1080p.

picplay-post.jpgFOTO: Windows Central

Pengembangnya yakni Mixcord mempunyai pemahaman kuat mengenai apa yang produsen konten tawarkan. Terdapat juga opsi personalisasi berlimpah, rasio bingkai 9:16 termasuk adanya logo bermerek serta tanda air khusus.

Pengguna Picplay Post bisa pakai menggunakan perangkat iPhone, Android, iPad juga Windows dengan gratis.

9. Magisto
Magisto merupakan aplikasi Video Editor yang dapat dimanfaatkan saat bepergian. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya menyunting secara cuma-cuma alias gratis.

Di dalamnya terdapat banyak sekali teknik untuk pengeditan video. Teknik tersebut antara lain pengenalan wajah, stabilisasi, efek, filter maupun pemotongan secara otomatis. 

magisto.jpgFOTO: Magisto

Magisto menggunakan A.I yang menganalisis video dan memilih fragmen yang paling menarik. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Android, iPad serta iPhone.

Itulah 9 aplikasi video editor android yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan untuk menghasilkan konten terbaik. Dan semua itu bisa Anda unduh secara gratis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES