Peristiwa Nasional

PPI Dunia dan Kementerian BUMN Luncurkan Program IGTI

Kamis, 09 Desember 2021 - 19:12 | 104.06k
Pihak BUMN, FHCI, dan PPI Dunia saat peluncuran IGTI. (Foto-Foto: PPI Dunia)
Pihak BUMN, FHCI, dan PPI Dunia saat peluncuran IGTI. (Foto-Foto: PPI Dunia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia  (PPI Dunia) berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan program Indonesia Global Talent Internship (IGTI) 2021. Dalam kesempatan tersebut PPI Dunia  juga menggaet Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

IGTI merupakan wujud kerjasama pentahelix antara PPI Dunia dengan Kementerian BUMN untuk memaksimalkan talenta-talenta muda yang ada di luar negeri. Program ini dikhususukan bagi pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri utamanya yang mengambil jenjang S2 dan S3.

Dengan program ini para pelajar tersebut diharapkan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berkontribusi langsung di beberapa proyrk BUMN. Diketahui saat ini terdapat 44 proyek strategis yang tersebar di 7 perusahaan BUMN.

PPI Dunia dan Kementerian BUMN 2

“Mewakili seluruh pelajar Indonesia di luar negeri sangat mengapresiasi Kementerian BUMN yang telah mendengarkan aspirasi para pelajar untuk diberikan kesempatan magang di perusahaan BUMN,” ujar Faruq Ibnul Haqi selaku Koordinator PPI Dunia periode 2021/2022 dalam pidato sambutannya.

Faruq menambahakan bahwa PPI Dunia pada periode ini juga berfokus pada Human Capital Development. Menurutnya program IGTI merupakan wujud link and match potensi pengembangan riset di luar negeri.

Menteri BUMN Erick Thohir yang juga menghadiri acara peluncuran IGTI mengajak para pelajar di mancangera untu mengambil kesempatan emas ini. Erick menyambut baik program tersebut dan memeiliki harapan tinggi bahwa program tersebut dalam memberikan kesempatan yang baik bagi para pemuda masa kini.

“Semoga dengan program ini, dapat meningkatkan minat para pelajar Indonesia di luar negeri untuk kembali dan berkontribusi ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya. Ibarat kita ingin menang perang, kita harus memiliki tim yang mengerti apa yang kita hadapi," ungkap Erick Thohir.

Erick huga berharap program ini dapat berjalan secara berkesinambungan. Dirinya juga menekankan bahwa hal ini merupakan investasi yang bagus bagi bangsa. "Agar kita tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan oleh negara-negara di Amerika Latin, yang lupa berinvestasi ada anak muda dan research and developmen," tambahnya.

PPI Dunia dan Kementerian BUMN 3

Dikesempatan yang sama, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sebagai mitra Kementrian BUMN juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada Kementrian BUMN dan PPI Dunia. “Momentum ini merupakan kesempatan untuk memperluas pengalaman berkarya dan mengenal budaya lingkungan kerja di BUMN dengan talenta global yang dimiliki oleh para pelajar Indonesia di luar negeri.” ujar Alexandra Askandar selaku Ketua Umum FHCI.

Di akhir acara, perwakilan dari beberapa perusahaan BUMN melakukan mentoring dan menjelaskan beberapa proyek dan bidang ilmu yang dibutuhkan. Dalam program IGTI garapan PPI Dunia dan BUMN serta FHCI para pelajar Indonesia luar negeri yang tertarik mengikuti program ini dapat memilih proyek dan riset yang sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki dan kebutuhan perusahaan BUMN saat ini.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES