Olahraga

Aji Santoso Beber Resep Persebaya Surabaya Unggul Telak atas Persib Bandung

Kamis, 09 Desember 2021 - 17:22 | 37.79k
Taisei Marukawa tampil impresif dengan dua gol dan satu asisst pada laga melawan Persib Bandung. (FOTO: MO Persebaya)
Taisei Marukawa tampil impresif dengan dua gol dan satu asisst pada laga melawan Persib Bandung. (FOTO: MO Persebaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPersebaya Surabaya berhasil menang telak atas Persib Bandung dengan skor 0-3 pada seri ketiga BRI Liga 1 2021, Rabu (8/12/2021) malam. Berkat capaian itu, pelatih Bajul Ijo Aji Santoso memuji penampilan anak asuhnya yang sudah sesuai dengan instruksi saat latihan.

"Berkaca dari pertandingan melawan Persib di Piala Menpora beberapa bulan lalu, kami kena serangan dan gol cepat. Maka dari itu  di babak pertama kita berusaha menahan dan berakhir dengan skor 0-0," ungkapnya.

Persebaya persib 2

Memasuki babak kedua pelatih berlisensi AFC Pro itu menginstruksikan pemainnya untuk lebih agresif, keluar menekan. "Alhamdulillah hasilnya tiga gol, semuanya sesuai dengan latihan yang kami lakukan," ucap Aji bersyukur.

Kunci kemenangan Green Force, lanjut Aji, adalah dengan memperbanyak kombinasi di sepertiga pertahanan lawan. Berikutnya melakukan running behind the opponent dan straight pass. Itu semua memang terjadi terutama pada gol ketiga melalui kerjasama Marselino Ferdinan dan Taisei Marukawa.

Marukawa disebut Aji sebagai salah satu pemain terbaik Persebaya musim ini. Ia berharap gelandang sayap asal Jepang itu mampu konsisten bahkan meningkatkan performanya untuk pertandingan-pertandingan berikutnya.

Gol pertama Marukawa terjadi pada menit ke-57 melalui umpan lambung cantik dari M. Hidayat. Itu merupakan peluang emas pertama Persebaya setelah bertahan setengah babak dari gempuran Maung Bandung.

Melihat timnya kebobolan, Pelatih Robert Alberts melakukan respons dengan memasukkan striker Castilion menemani Wander Luiz. Namun ternyata dua penyerang tak menjamin Persib mampu membalas gol Marukawa.

Persebaya persib 3

Green Force justru mampu menggandakan keunggulan, lagi-lagi lewat serangan balik cepat. Dimulai oleh Wilkson pada menit ke-69 dan diakhiri dengan umpan satu dua cantik Bruno Moreira bersama Marukawa.

Tertinggal 0-2 membuat Persib semakin panas, pada menit ke-88 Wander Luiz hampir membukukan namanya di papan skor. Setelah ia berhasil menang duel dengan kiper Ernando Ari.

Tapi beruntung di gawang Persebaya masih ada pemain terakhir, yakni Arif Satria yang berhasil mengamankan sarang Bajul Ijo dari ancaman kebobolan. Kebuntuan demi kebuntuan dirasakan para pemain depan Persib sebab Ernando Ari tampil begitu apik.

Saat pertandingan sudah memasuki menit terakhir waktu normal. Taisei Marukawa melakukan end game dengan kaki kirinya. Umpan terobosan dari Marselino yang membelah pertahanan Persib mampu dieksekusinya dengan sempurna.

Permainan taktis dan efektif Persebaya dalam partai klasik melawan Persib ini membuat tim kebanggaan Bonek Mania itu mampu bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara.

Hasil ini memperpanjang rekor kemenangan Persebaya Surabaya yang dalam 10 kali pertandingan terakhir belum pernah terkalahkan dan 5 laga clean sheet. "Yang jelas instruksi kami, main dengan siapapun harus fighting spirit dan tidak melakukan kesalahan yang tidak penting di sepertiga pertahanan," tutup Aji Santoso.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES