Peristiwa Daerah

PHP2D Umpo Siap Membangun Kesejahteraan Desa Melalui BUMdes

Kamis, 09 Desember 2021 - 12:36 | 78.82k
Heri Puji Tim PHP2D Kopma Surya Kencana Universitas Muhammadiyah Ponorogo menyerahkan Bibit Jamur kepada Kelompok Wanita Tani Desa Nglumpang, kecamatan Mlarak, Ponorogo ( Foto: Adelia N /TIMES Indonesia)
Heri Puji Tim PHP2D Kopma Surya Kencana Universitas Muhammadiyah Ponorogo menyerahkan Bibit Jamur kepada Kelompok Wanita Tani Desa Nglumpang, kecamatan Mlarak, Ponorogo ( Foto: Adelia N /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Umpo) melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM) melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dikemas dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Kegiatan tersebut di laksanakan mulai Bulan Agustus sampai dengan Desember di Desa Nglumpang, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo.

Tim PHP2D Koperasi Mahasiswa "Surya Kencana" Universitas Muhammadiyah Ponorogo berkeinginan menciptakan desa binaan yang aktif dan mandiri dengan mengembangkan potensi yang sudah ada di masyarakat Desa Nglumpang tersebut.

PHP2D b

"Kami  ingin menciptakan ekonomi kreaktif lewat BUMdes yang mana dapat menumbuhkan kesejahteraan masyarakat desa," ungkap Denis Ayu Fitriani Ketua Tim PHP2D Kopma Surya Kencana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Kamis (9/12/2021).

Denis mengatakan program holistik pembinaan dan pemberdayaan desa ini berbasis ekonomi kreatif melalui program Aplikasi Semar Mara. Aplikasi berbasis web ini dapat diakses oleh masyarakat melalui www.semarmara.com. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengelolahan administrasi keuangan dan digitalisasi marketing produk yang berasal dari desa.

PHP2D c

" Ini digunakan untuk memudahkan BUMdes dalam setiap pengelolahan administrasi, laporan keuangan, dan penjualan secara Digital. " Katanya

Inovasi kegiatan yang dilakukan PHP2D yang bekerjasama dengan pengurus BUMdes, karang Taruna, PKK dan Kelompok Wanita Tani meliputi Sosialisasi BUMdes, pelatihan tas anyaman, penyuluhan budidaya gurami, pelatihan aplikasi Web dan Digital marketing serta pelatihan budidaya jamur.

Sementara itu Kepala Desa Nglumpang  Sutikno mengapresiasi kegiatan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Ia juga berterima kasih desanya dipilih sebagai desa binaan. "Harapan kami kegiatan ini tidak sampai di sini saja akan tetapi dapat mensupport  kegiatan lainnya yang bisa menjadikan masyarakat Desa Nglumpang lebih sejahtera," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES