Peristiwa Daerah

Gunawan Wibisono: Pancasila Kebutuhan Hidup Kita

Kamis, 09 Desember 2021 - 12:10 | 61.60k
Anggota DPRD Jawa Timur H Gunawan Wibisono saat menjadi narasumber di acara Webinar Kepancasilaan oleh Duta Pancasila Kabupaten Malang secara virtual. (Foto: Tangkapan layar/TIMES Indonesia)
Anggota DPRD Jawa Timur H Gunawan Wibisono saat menjadi narasumber di acara Webinar Kepancasilaan oleh Duta Pancasila Kabupaten Malang secara virtual. (Foto: Tangkapan layar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Anggota DPRD Jawa Timur H Gunawan Wibisono mengatakan bahwa Pancasila merupakan kebutuhan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu diungkapkan Gunawan saat menjadi narasumber di acara Webinar Kepancasilaan oleh Duta Pancasila Kabupaten Malang secara virtual pada Kamis (9/12/2021).

"Pancasila ini harga mati karena kebutuhan kita di dalam hidup. Di dalam Pancasila ada esensi yang sangat luar biasa yaitu gotong royong," katanya.

Menurutnya, Tuhan telah menciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang wajib bergotong royong. Manusia tidak bisa hidup sendiri di dunia ini.

Ia menyontohkan hal sepele dalam hidup. Yakni proses makan sesuap nasi. Manusia masih membutuhkan peran manusia lainnya agar mendapatkan nasi.

Ada yang berperan sebagai petani, menanam padi, mencangkul, memupuk hingga ada juga yang menjual. Tak hanya itu, penjual di warung atau restoran harus meracik bumbu sebagai hidangan lauk pauk dalam nasi yang akan disantap.

Gunawan Wibisono b

"Itu tanda manusia tidak bisa hidup sendiri," tegasnya.

Karena manusia membutuhkan peran manusia satu sama lainnya, maka kata Gunawan, sudah sepatutnya bersikap toleran dan saling mencintai.

Dalam Pancasila, misalnya sila pertama yakni Ketuhanan yang Maha Esa, itu telah menjiwai semua sila yang ada. Dimana dengan berketuhanan akan diberikan ajaran tentang persatuan persaudaraan untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Gunawan Wibisono berharap pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang ini dapat menebarkan aura positif dan kebaikan kepada pemuda lainnya sebagai generasi penerus bangsa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES