Peristiwa Nasional

Imlahyudin Dikukuhkan Sebagai Ketua Komindo Sejahtera

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:40 | 113.17k
Ketua Pengurus Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia Sejahtera Se-Indonesia Imlahyudin SE - FOTO: Sumitro/TIMES Indonesia
Ketua Pengurus Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia Sejahtera Se-Indonesia Imlahyudin SE - FOTO: Sumitro/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTAImlahyudin dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia Sejahtera Se-Indonesia (Komindo Sejahtera) oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Gedung Nusantara IV MPR RI, Senayan, Kamis, (9/12/2021). 

Pengukuhan Pengurus Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera ini dibarengi dengan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dengan tema 'Ekonomi Pancasila Menjadi Solusi Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi'. 

Usai dilantik, Imlahyudin mengungkapkan bahwa sebelum pengukuhan hari ini, Komindo juga menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT). RAT diikuti seluruh pengurus Komindo dari 131 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. 

"Komindo sudah terbentuk di 131 Kabupaten/Kota. Kami tidak terbentuk di provinsi tapi langsung Kabupaten/Kota agar percepatannya atau penanggulangannya cepat. Kalau di propinsi harus melalui birokrasi, jadi kita potong birokrasi langsung ke Kabupaten/Kota," ucap Imlahyudin.

Untuk agenda hari kedua hari ini, lanjut dia, pengukuhan pengurus dibarengi dengan sosialisasi ekonomi Pancasila oleh Bambang Soesatyo. Bukan dalam kapasitasnya sebagai Ketua MPR RI, melainkan sebagai Ketua Dewan Penasehat Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera.

"Bapak Bambang Soesatyo itu Ketua Dewan Penasehat Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera," jelas Imlahyudin.

Ia juga mengungkapkan pengurus telah mengagendakan program jangka panjang dan jangka pendek. Jangka pendek, Komindo memprioritaskan perekrutan anggota. Sedangkan untuk jangka panjang pihaknya mengagendakan pengumpulan dana untuk trading. 

"Jangka panjangnya, setelah terkumpul dana kita jadi tradding, serba usaha. Lalu dari keuntungan itu ke SHU," jelasnya. 

Di sisi lain, Imlahyudin juga membeberkan permasalahan yang dihadapi Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera sebagaimana koperasi secara umum. Yakni menyangkut produksi, pemasaran dan permodalan. 

Di masa pandemi Covid-19, lanjut dia, pemasaran menjadi permasalahan yang mau tidak mau dihadapi oleh Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera di berbagai daerah di Indonesia. Dimana pada masa pandemi ini semua dituntut untuk melakukan pemasaran secara online. 

"Di masa pandemi itu lebih banyak secara online, sehingga kita bentuk Market Place. Secara offline kan dibatasi jadi kita sekarang secara online," ucapnya.

Ditekankan pula mengenai pentingnya pembentukan mental berwirausaha bagi pelaku UMKM. Mental wirausaha ini harus seiring sejalan dengan program pendampingan, dengan begitu UMKM tidak gagal fokus dalam menjalankan usahanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES