Tekno

Mudah, Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Fokus

Jumat, 10 Desember 2021 - 10:08 | 906.46k
Ilustrasi cara mengatasi kamera HP tidak fokus. (FOTO: Net)
Ilustrasi cara mengatasi kamera HP tidak fokus. (FOTO: Net)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKamera HP tidak fokus tentu mengganggu penggunanya. Persoalan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti autofocus kamera tidak berfungsi karena software yang crash. Ada yang beranggapan kamera HP rusak.

Diketahui bersama, ponsel pintar atau smartphone dapat diandalkan para penggunanya untuk mengabadikan momen dengan kamera yang tersedia pada HP. Kenapa demikian? Hasil bidikan dari kamera smartphone kini tidak kalah bagus dengan kamera DSLR atau mirrorless.

Hal menarik dari kamera HP pintar ini, penggunanya juga dapat langsung menyunting atau edit hasil jepretan atau rekaman video dari ponsel pintar lewat aplikasi. Jadi tidak perlu repot mengeditnya melalui komputer.

Hasil dari penyuntingan atau edit foto atau video tersebut dapat diunggah langsung oleh penggunanya ke media sosial sesuai yang diinginkan.

Tips Mengatasi Kamera HP Tidak Fokus
Beberapa ponsel pintar atau smartphone sudah bermodalkan kamera beresolusi tinggi, baik kamera depan maupun kamera belakang.

Bahkan, mulai banyak yang menggunakan kamera HP untuk membuat film pendek. Namun Meski kebutuhan kamera pada smartphone menjadi penting, ada kalanya lensa ponsel mengalami masalah. 

Salah satu masalah tersebut biasanya autofocus tidak berfungsi dengan baik. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera HP yang tidak bisa fokus? Simak tips berikut ini.

Cek Aplikasi Kamera
Aplikasi kamera yang ada, umumnya merupakan bawaan langsung dari ponsel. Namun ada juga yang menginstal atau mengunduh software lainnya dari pihak ketiga yang terpercaya.

Langkah pertama untuk mengetahui penyebab kamera HP yang tidak bisa fokus, adalah dengan mengecek aplikasi tersebut. Bisa jadi memang fitur kamera yang sudah crash atau rusak.

Langkah mudah mengatasi kamera HP yang tidak fokus jika memang karena aplikasi rusak adalah dengan menghapus atau membersihkan cache.

Caranya, buka Pengaturan pada smartphone, kemudian menuju Manajer Aplikasi. Lalu, pilih Semua Aplikasi, dan temukan aplikasi kamera yang Anda gunakan.

Apabila sudah menemukan, pada aplikasi tersebut klik dan hapus cache. Langkah terakhir restart smartphone Anda.

Selanjutnya, Anda bisa mencoba kembali mengambil gambar dengan menggunakan kamera smartphone tersebut. Jika sudah muncul lingkaran hijau, maka fokus kamera sudah berfungsi.

Namun, jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil foto atau merekam video, dan menemui kendala tidak fokus, maka hapus aplikasi tersebut.

Periksa Fisik Kamera
Langkah selanjutnya dalam mengatasi kamera HP yang tidak fokus adalah memeriksa bagian fisik dari kamera. Apakah kondisi fisik kamera baik-baik saja atau mengalami masalah.

Kamera HP yang tidak fokus bisa berakibat hasilnya menjadi blur atau buram. Untuk masalah ini, solusinya adalah memeriksa apakah lensa tergores atau tidak.

Selain tergores, kamera bisa juga kotor karena benda asing atau debu. Jika memang kotor, maka Anda harus segera membersihkan lensa kamera.

Cara membersihkan bagian lensa tidak sulit, dan membutuhkan waktu relatif singkat. Namun, saat melakukannya harap perhatikan bahan yang akan digunakan. Sebaiknya pakai kain bersih dan juga lembut.

Untuk mengatasi kamera HP tidak fokus dan juga hasilnya buram karena goresan, Anda bisa melakukannya dengan membersihkan menggunakan cairan brasso, atau pasta gigi.

Perlu diketahui, saat membersihkannya, dilakukan dengan lembut dan penuh kehati-hatian. Jangan sampai malah membuat goresan yang baru.

Melakukan Pembaruan Aplikasi Kamera
Pembaruan atau update aplikasi menjadi salah satu cara untuk mengatasi kamera HP yang tidak fokus. Sebab, pihak ketiga sering melakukan pembaruan untuk mengurangi bug atau masalah lainnya.

Jika pada layanan Play Store atau App Store ada pemberitahuan atau notifikasi untuk melakukan update aplikasi kamera, maka segera lakukan pembaruan tersebut.

Melakukan Reset Pabrik
Langkah ini memang mudah, namun masalahnya Anda harus kembali menginstal aplikasi. Namun, jika memang cara mengatasi di atas masih mendapati kamera HP tidak fokus, maka langkah reset pabrik atau bawaan bisa Anda coba.

Mengganti Lensa Kamera
Jika langkah-langkah seperti membersihkan kamera sampai reset pabrik tetap tidak bisa mengatasi, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mengganti lensa kamera smartphone.

Disarankan, untuk mengganti kamera HP bisa diserahkan pada ahlinya. Mengingat hal ini membutuhkan kesabaran, keahlian dan juga peralatan khusus.

Demikian tips atau cara mengatasi masalah kamera HP yang tidak fokus. Perlu diingat, supaya masalah tersebut tidak terulang kembali, sebaiknya dihindari faktor penyebab kamera tidak fokus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES