Tekno

Cara Mudah Mengatasi Kamera Depan Tidak Berfungsi

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:22 | 3.58m
Ilustrasi - Cara mudah mengatasi kamera depan tidak berfungsi, (FOTO: iStockphoto)
Ilustrasi - Cara mudah mengatasi kamera depan tidak berfungsi, (FOTO: iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKamera depan tidak berfungsi menghambat aktivitas komunikasi video call maupun swafoto atau selfie. Maka, informasi tentang cara mengatasinya tentu diperlukan, khususnya bagi Anda yang mengalami masalah tersebut.

Anda mungkin menjadi salah satu orang yang suka berswafoto  saat sendiri atau bersama teman-teman. Namun, kamera depan yang tidak berfungsi tentu mengganggu aktivitas asyik Anda. 

Ciri-cirinya seperti kamera tidak merespons saat diklik, atau menunjukkan kesalahan kamera berhenti. Jika mendapatkan pesan kesalahan seperti itu, ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan perangkat lunak atau bagian perangkat keras. Pada sebagian besar kasus, masalah ada pada perangkat lunak namun hal itu bisa diselesaikan.

Kkesalahan ini akan muncul saat anda mencoba membuka kamera, baik aplikasi kamera secara langsung ataupun dari aplikasi pihak ketiga, seperti WhatsApp, WeChat, Skype, Twitter, Instagram, dan sebagainya.

Mengatasi Kamera Depan Tidak Berfungsi
Beberapa kemungkinan penyebab kamera depan tidak dapat berfungsi. Seperti penyimpanan perangkat dan RAM rendah, ketidakcocokan kamera, penginstalan aplikasi berat, obstruksi aplikasi pihak ketiga, serta hal-hal lainnya.

Ketika masalah itu terjadi pada kamera Anda, disarankan untuk mengosongkan sebagian ruang pada ponsel dan penyimpanan RAM terlebih dahulu. Jika kamera masih berperilaku tidak semestinya atau menampilkan pesan kesalahan, anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Reboot Perangkat
Cara mengatasi kamera depan tidak berfungsi ini umum dilakukan. Booting ulang sederhana dapat memperbaiki beberapa masalah kesalahan pada perangkat

Reboot sistem yang keras dapat membantu membersihkan penggunaan RAM berlebihan dengan mematikan aplikasi latar belakang, sehingga memberi kamera ruang lebih leluasa untuk anda jalankan.

Menarik Baterai Keluar
Cara lain yang bisa dilakukan adalah mencabut baterai secara langsung saat perangkat masih menyala. Ini adalah jenis soft reset yang dapat membantu membuat kamera depan berfungsi sekali lagi.

Cara seperti ini mungkin tidak berlaku untuk semua perangkat karena yang menggunakan baterai tanam. Namun, bagi sebagian besar ponsel sekarang, trik ini tidak akan berfungsi. Cara ini bisa dicoba jika memiliki HP Android lama.

Menghentikan Paksa Aplikasi Kamera
Cara mengatasi kamera depan tidak berfungsi, silakan pilih menu Pengaturan. Lalu temukan serta ketuk opsi Aplikasi atau Kelola aplikasi. Sekarang gulir dan cari aplikasi Kamera, lalu pilih Paksa Berhenti aplikasi.

Kemudian, silakan reboot perangkat anda dengan cepat. Hal ini akan memperbaiki masalah perangkat lunak kecil saat ini yang aplikasi kamera hadapi.

Menghapus Data dan Cache Aplikasi
Ini tidak hanya berlaku untuk mengatasi masalah kamera, tetapi juga untuk solusi aplikasi lain. Pertama, buka menu Pengaturan dan gulir ke bawah, lalu pilih Aplikasi atau Manajer Aplikasi.

Cari aplikasi Kamera, lalu klik pada Hapus Data atau Cache. Menghapus data dan mengosongkan cache akan menghapus data aplikasi seperti preferensi dan akun. Sehingga jika tidak ingin kehilangannya, pastikan untuk membuat cadangan sebelumnya.

Mengatur Ulang Semua Preferensi Aplikasi
Langkah lainnya dalam mengatasi kamera depan tidak berfungsi yaitu membuka opsi Pengaturan dan pilih Aplikasi atau Manager Aplikasi. Kemudian ketuk ikon menu pada sudut kanan atas dan klik pada Reset App Preferences.

Masuk ke Safe Mode
Mode aman memungkinkan anda untuk menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga yang anda instal. Tekan lama pada tombol daya seperti yang anda lakukan untuk mematikan perangkat.

Ketuk dan tekan opsi matikan, kemudian popup akan muncul sebagai opsi Reboot ke mode aman. Ketuk OK dan masuk ke Safe Mode.

Melakukan Reset Pabrik
Reset pabrik bisa menjadi terakhir jika tidak ada yang berfungsi. Cara mengatasi kamera depan tidak berfungsi ini menghapus semuanya dari perangkat. Jadi, anda memerlukan pencadangan atau menyimpan data penting ke flashdisk.

1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan.
2. Pada Tentang Ponsel, pilih Cadangkan dan setel ulang.
3. Lalu ketuk Reset Data Pabrik dan konfirmasikan tindakan anda.

Ada cara lain untuk mereset pabrik, yaitu mematikan perangkat ponsel. Lalu tekan volume bawah bersama dengan tombol daya untuk memulai perangkat.

Kemudian arahkan ke pilihan yang mengatakan Factory Reset dan gunakan tombol daya dalam mengonfirmasi. Jika semua metode ini tidak berfungsi, mungkin permasalahan terjadi pada perangkat keras Anda.

Anda bisa memilih tempat perbaikan perangkat keras yang terpercaya sebagai cara mengatasi kamera depan tidak berfungsi. Namun apabila anda masih tidak yakin, silakan menunggu versi pembaruan sistem. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES