Peristiwa Daerah

Hujan Angin Terjang Kota Banjar, Akibatkan Pohon Tumbang dan Matikan Jaringan Listrik

Rabu, 08 Desember 2021 - 22:20 | 42.63k
Pohon Albu menimpa rumah Nyonya Lalah, warga Dusun Karangpucung Desa Jajawar. (Foto: Dok. BPBD Kota Banjar)
Pohon Albu menimpa rumah Nyonya Lalah, warga Dusun Karangpucung Desa Jajawar. (Foto: Dok. BPBD Kota Banjar)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Akibat terjangan hujan angin yang disertai sambaran petir sore ini, BPBD Kota Banjar merilis data banyaknya pohon tumbang di beberapa wilayah, salah satunya menimpa rumah Warga, Rabu sore (08/12/2021).

Banyaknya pohon tumbang tersebut juga menyebabkan padamnya jaringan listrik di beberapa wilayah sehingga warga terdampak terpaksa melewati malam ini tanpa penerangan.

Pohon tumbang yang dilaporkan BPBD yaitu di Dusun Karangpucung RT 15 dan 17 RW 04 Desa Jajawar, juga di Jalan Manonjaya tepatnya didepan Pabrik BKS Kelurahan Situbatu Kecamatan Banjar.

Pohon tumbang yang menimpa rumah warga atas nama Nyonya Lalah (36) mengakibatkan satu KK di RT 15 RW 04 Dusun Karangpucung Desa Jajawar harus mengungsi dengan jumlah kerugian ditaksir sekitar Rp25 Juta.

Sementara pohon tumbang di Depan Pabrik BKS mengakibatkan macet dan gangguan pada jaringan listrik karena pohon tersebut tumbang dengan posisi melintangi jalur Provinsi yang biasanya padat dengan lalu lintas kendaraan.

Pohon-Tumbang-2.jpgNampak petugas BPBD saat melakukan penanganan terhadap pohon yang tumbang. (Foto: Dok. BPBD Kota Banjar)

Dikatakan Kusnadi, pihaknya sudah melakukan assesment dan penanganan secara sigap dalam mengatasi berbagai pohon tumbang tersebut.

"Semuanya langsung kami tangani dan untuk arus lalu lintas yang sebelumnya sedikit terhambat kini sudah lancar kembali," ungkapnya.

Sementara untuk warga yang rumahnya tertimpa pohon Albu, kata Kusnadi sudah dievakuasi dan kini mengungsi di rumah kerabatnya sementara petugas BPBD berupaya menangani pohon yang menimpa atap rumah warga tersebut.

"Beruntung tidak ada korban jiwa, semuanya sudah ditangani," katanya.

Untuk padamnya jaringan listrik seperti yang dikeluhkan Tia, Warga Lingkungan Gardu Kelurahan Banjar di tanggapi oleh Manager PLN ULP Banjar melalui Irma, Supervisor Administrasinya.

"Teknisi kami masih melakukan perbaikan akibat banyaknya gangguan akibat cuaca buruk yang terjadi," terangnya.

Irma menyampaikan permintaan maafnya karena pelayanan listrik di beberapa wilayah terdampak pohon tumbang akibat hujan angin dan gangguan lainnya faktor dari cuaca buruk.

"Sampai saat ini petugas kami sedang melakukan penanganan dan semoga saja secepatnya dapat memulihkan kembali jaringan," imbuhnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES