Peristiwa Daerah Erupsi Gunung Semeru

Bupati Lumajang Ingatkan Pengunjung Tak Berbondong-bondong ke Titik Bencana

Rabu, 08 Desember 2021 - 21:39 | 42.28k
Suasana dusun-dusun yang ada di yang ada di Kecamatan Supiturang yang diterjang banjir lahar material Gunung Semeru. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Suasana dusun-dusun yang ada di yang ada di Kecamatan Supiturang yang diterjang banjir lahar material Gunung Semeru. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
FOKUS

Erupsi Gunung Semeru

TIMESINDONESIA, MALANGBupati Lumajang Thoriqul Haq mengingatkan pengunjung yang peduli bencana erupsi Gunung Semeru agar tidak berbondong-bondong menuju lokasi titik bencana.

Ia tidak ingin terjadi bencana lainnya yang menimpa orang lain apalagi pengunjung yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada warga terdampak bencana.

"Tadi ada klub mobil, motor naik ke sini semua sementara ini titik utama terjadinya bencana. Monggo yang mau bantu ayo bantu kami. Tapi kalau kemudian membantu dengan cara iring-iringan begini, apalagi ini daerah utama bencana itu terjadi, ini yang kami khawatirkan," katanya, Rabu (8/12/2021).

Cak Thoriq, sapaan akrabnya, menyebutkan ada banyak posko darurat bencana yang telah didirikan oleh institusi, lembaga maupun komunitas.

Mereka semua menunjukkan kepeduliannya kepada warga Lumajang dan sekitarnya yang terdampak bencana alam. Thoriq mengajak semuanya bergotong royong dan berterima kasih atas atensi yang diberikan.

"Ayok, andaikan kami punya banyak kekurangan dalam pengelolaan bantuan, iya, tapi kan ada posko lain yang mungkin dipercaya monggo silakan. Tapi kalau berbondong-bondong ke sini semua ke titik bencana ini, ini yang kami khawatirkan," tegasnya.

Bupati Lumajang menerangkan, pihaknya telah bergerak semaksimal mungkin terutama soal alur distribusi bantuan yang masuk.

Kata Thoriq, pihaknya melakukan evaluasi untuk mendapatkan hasil maksimal. Memang, ia mengakui, masih ada beberapa warga yang belum menerima bantuan.

"Iya kami sadar. Kami lakukan langkah terbaik. Tadi saya sidak balai desa ada bantuan yang menumpuk karena yang memilah kurang orang. Ini melibatkan masyarakat. Sementara ada tim evakuasi tapi kalau kesini pada posisi foto, berkelompok dengan banyak orang, tentu mengkhawatirkan," pungkasnya.

Bupati Lumajang memerintahkan perangkatnya untuk segera mendistribusikan seluruh bantuan yang sudah siap disalurkan kepada masyarakat korban erupsi Gunung Semeru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES