News Commerce

8 Pilihan Aplikasi Absensi Terbaik Selama Work From Home

Kamis, 09 Desember 2021 - 07:17 | 33.25k
8 Pilihan Aplikasi Absensi Terbaik Selama Work From Home
Ilustrasi: Aplikasi Absensi Terbaik. (Foto: talenta)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Solusi aplikasi absensi tentu dapat membantu dalam merencanakan, mengelola, dan memantau kehadiran atau ketidakhadiran karyawan. Saat ini, banyak produk aplikasi absen online berkualitas tinggi untuk kebutuhan perusahaan yang berbeda. Apalagi di masa pandemi yang memaksa perusahaan untuk mempekerjakan karyawannya secara Work From Home tentunya membuat layanan ini makin digandrungi oleh banyak perusahaan.

Sebelum membahas lebih jauh tentang aplikasi absensi, tentu setiap HRD di perusahaan harus terlebih dahulu mengetahui beberapa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan apabila menggunakan aplikasi absen online untuk mengelola karyawannya:

1.    Aplikasi absen online memiliki tingkat akurasi pencatatan kinerja karyawan yang lebih baik dibandingkan apabila Anda mencatatnya secara manual di dokumen. Kesalahan sekecil apapun bakal berdampak buruk saat menilai kinerja karyawan. Nah, aplikasi absensi ini selain mempermudah kerja tim HRD juga bisa memperkecil human error.

2.    Dengan menggunakan aplikasi absen online tentunya perusahaan bisa menghemat waktu dan biaya yang banyak. Pekerjaan tim HRD bakal lebih mudah dan efisien saat mengelola karyawannya.

3.    Tim HRD bakal lebih mudah memantau karyawannya, terutama yang bekerja secara work from home maupun tim sales dan marketing yang sering di luar kantor.

4.    Aplikasi absen online biasanya melengkapi fitur mereka dengan pelacakan GPS, yang memungkinkan perusahaan bisa selalu memantau keberadaan karyawannya. Ketika karyawan Anda mengklik tombol absensi, sistem akan melacak posisi perangkat.

8 Rekomendari Aplikasi absen online Terbaik

Setelah mengetahui secara singkat beberapa manfaat menggunakan aplikasi absen online tentunya Anda sekarang jadi penasaran aplikasi absensi apa yang bisa menjadi rujukan. Jadi, untuk menghemat waktu Anda, kami telah membuat 10 rekomendasi aplikasi absensi karyawan tersebut. Mari disimak!

1.    Aplikasi Absensi Gratis Talenta

Salah satu aplikasi gratis yang wajib Anda coba adalah aplikasi absensi Kerjoo yang merupakan salah satu aplikasi absensi karyawan berbasis online yang bisa memudahkan jalannya administrasi karyawan.

Administrasi perusahaan akan lebih rapi karena adanya fasilitas untuk menyimpan data karyawan yang lengkap sehingga memudahkan dan menghemat waktu HR dalam mengelola data karyawan. 

Kerjoo dapat diakses dengan mudah di https://talenta.co atau bisa langsung daftar sekarang gratis trial 14 hari.Perusahaan lebih mudah mengelola kehadiran karyawan sekaligus bisa memastikan karyawan Work From Home (WFH) dan remote working tetap bekerja sesuai dengan waktunya. Kerjoo memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan perusahaan seperti fitur absensi mobile, mengatur jadwal shifting karyawan, memantau lama lembur, maupun approval cuti.

Karyawan juga bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan absensi dari mana saja. Hanya dengan buka aplikasi di handphone, absensi menggunakan face recognition / QRIS, dan karyawan sudah siap bekerja! HR bisa menentukan, memantau, dan approval absensi setiap karyawan.Walaupun lokasi kerja karyawan dilakukan di luar kantor (Work From Home), perusahaan tetap bisa mengoptimalkan kinerja karyawan dengan memantau timesheet harian karyawan di manapun dan kapanpun.

Pengajuan, pencatatan, dan perhitungan lembur dan cuti karyawan juga akan lebih mudah dilakukan. Karyawan bisa mengisi sendiri waktu lemburnya. Fleksibel tapi tetap terkontrol karena HR bisa memberikan approval atas lembur yang dilakukan.

2.    Engage Holidays

Selanjutnya, Engage Holidays adalah alat yang sederhana namun sangat efektif. Ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan permintaan cuti dan manajer dapat menyetujui, menyarankan tanggal alternatif atau menolak permintaan dengan alasan mereka. Semua komunikasi ditangani melalui sistem dan kalender secara otomatis. 

Dengan menggabungkan dua modul perangkat lunak ketidakhadiran dan manajemen liburan dari Engage, Anda bisa mendapatkan gambaran umum lengkap tentang semua ketidakhadiran karena sakit, cuti tidak direncanakan, cuti lain, dan liburan di perusahaan Anda.

3.    My HR Toolkit

Aplikasi absensiMy HR Toolkit adalah sistem informasi SDM yang bagus untuk menyimpan semua catatan karyawan dengan aman di satu tempat, mencatat dan mengelola ketidakhadiran, termasuk hari libur untuk tim dan juga fungsi pelaporan.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan sehingga sudah tidak diperlukan lagi cara-cara konvensional yang memakan banyak waktu. Anda dapat mengakses semua file karyawan Anda hanya dengan satu klik dan dapat dijangkau di mana pun Anda memiliki akses internet. Ini memberikan prosedur persetujuan permintaan untuk konfirmasi cuti yang lebih mudah.

4.    Appogee Leave

Appogee Leave adalah solusi manajemen absensi untuk meminta dan melacak cuti serta ketidakhadiran. Aplikasi berbasis cloud ini bisa diakses dari mana saja di perangkat apa pun. Banyak keuntungan yang bisa diambil dari software ini, seperti fitur pelaporan ketidakhadiran sesuai permintaan dan terkini untuk melacak semua ketidakhadiran di seluruh bisnis. 

Lacak dan pantau semua jenis ketidakhadiran baik itu menghitung cuti tahunan, melihat siapa yang bekerja dari rumah, cuti sakit, cuti bersalin, dan lainnya, anda dapat mengatur semuanya di appogee leave hanya dengan beberapa klik.

5.    TeamSeer aCloud

Aplikasi absensiTeamSeer adalah adalah alat perencana liburan dan ketidakhadiran yang mencatat absensi menggunakan tampilan kalender yang intuitif dan informatif, termasuk perencanaan dan penyetujuan cuti dalam hitungan detik. Tampilan kalender tim yang terperinci, mempermudah pengguna untuk selalu bisa melihat siapa saja yang cuti dan kapan dari mana saja, di perangkat apa saja. 

Software ini memberikan visibilitas dan transparansi proses dalam masalah absensi atau cuti. Prosedur perencanaan dan persetujuan yang mudah, serta dapat melihat data tentang waktu cuti yang habis atau tersisa, sehingga bisa memberikan informasi yang optimal terhadap karyawan.

6.    E-Days

E-Days menawarkan prosedur manajemen absensi dan cuti untuk para karyawan. Software ini bisa membantu perusahaan anda untuk mengidentifikasi dan mencegah waktu cuti yang tidak terjadwal. 

Manajer dapat melihat dinamika pada berbagai grafik yang dapat dibuat di perangkat lunak ini. Software ini membantu manajer menangani ketidakhadiran, merencanakan pekerjaan ke depan, dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan teratur.

7.    HR Locker

aplikasi absensiHR Locker dapat membantu anda untuk mengelola absensi menjadi lebih sederhana dan menghemat banyak waktu, seperti mengurangi administrasi manual yang memakan waktu lebih banyak. Pengguna sistem dapat melihat tunjangan cuti mereka dengan semua detail yang diperlukan dan mendapatkan informasi tentang permintaan cuti dan persetujuan melalui pemberitahuan email. 

Dengan demikian, proses pengelolaan cuti di perusahaan tidak menyita banyak waktu dan tenaga baik dari manajer maupun karyawan biasa. Platform ini mengotomatiskan fitur-fitur seperti timesheets, manajemen liburan dan absen, pengembangan pelatihan, data karyawan, kerja jarak jauh, tinjauan kinerja dan rekrutmen serta orientasi.

8.    TimeOff Management

TimeOff Management bisa menjadi salah satu solusi absensi online untuk perusahaan anda. Perangkat lunak ini mendukung jenis cuti khusus yang dapat direkam dalam sistem dan kemudian ditampilkan pada tampilan kalender untuk pengguna, tim, dan rentang tanggal tertentu. Manajer dapat membatasi jumlah hari yang dapat diambil untuk setiap jenis cuti dan menetapkan hari libur nasional sebagai hari non-kerja dalam sistem.

Hal ini akan sangat membantu karyawan sehingga tidak perlu bolak balik untuk meminta persetujuan cuti, karena semua akan ditangani secara online. Sama halnya dengan sisa cuti yang ditampilkan secara transparan, sehingga karyawan dapat melacaknya tanpa mengganggu tim HR

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi absen online yang bisa anda gunakan untuk mempermudah administrasi karyawan. Karena semua akan dilakukan secara online, tentu tidak akan memakan waktu yang banyak serta mengurangi biaya administrasi konvensional lainnya. 

Tertarik untuk mencobanya? Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi absensi dari Talenta. Anda bisa langsung menghubungi Tim Talenta untuk hasil yang lebih optimal.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Hadapi Krisis Rusia - Ukraina, Amerika Serikat Siagakan 8500 Tentara
    Hadapi Krisis Rusia - Ukraina, Amerika Serikat Siagakan 8500 Tentara
    25/01/2022 - 08:01
  • Dugaan Kuat Perbudakan Modern di Rumah Mantan Bupati Langkat
    Dugaan Kuat Perbudakan Modern di Rumah Mantan Bupati Langkat
    25/01/2022 - 07:34
  • Dua Kelompok Kapal Induk AS Berlatih Tempur di Laut China Selatan
    Dua Kelompok Kapal Induk AS Berlatih Tempur di Laut China Selatan
    25/01/2022 - 07:03
  • Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    25/01/2022 - 06:36
  • Pick Your Very Own Rambutan at Sugihan Lamongan
    Pick Your Very Own Rambutan at Sugihan Lamongan
    25/01/2022 - 05:45

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00

KOPI TIMES

  • Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    24/01/2022 - 21:33
  • Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    24/01/2022 - 19:20
  • Tingkatkan Kepedulian Pada keamanan Siber
    Tingkatkan Kepedulian Pada keamanan Siber
    24/01/2022 - 14:59
  • Ratu Terakhir Kerajaan Hawai’i
    Ratu Terakhir Kerajaan Hawai’i
    23/01/2022 - 12:36
  • Belajar dari Kesabaran Megawati
    Belajar dari Kesabaran Megawati
    23/01/2022 - 08:27
  • Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa
    Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa
    22/01/2022 - 19:51
  • Keluarga Be(re)ncana
    Keluarga Be(re)ncana
    22/01/2022 - 13:45
  • Sebuah Konsep dalam Menghadapi Keberagaman di Era Disrupsi
    Sebuah Konsep dalam Menghadapi Keberagaman di Era Disrupsi
    22/01/2022 - 12:03

KULINER

  • Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    25/01/2022 - 06:36
  • Rawon, Salah Satu Hidangan yang Terkenal di Jawa Timur
    Rawon, Salah Satu Hidangan yang Terkenal di Jawa Timur
    24/01/2022 - 00:31
  • Bisa Jadi Lauk atau Camilan, Ini Resep Membuat Chicken Popcorn
    Bisa Jadi Lauk atau Camilan, Ini Resep Membuat Chicken Popcorn
    23/01/2022 - 06:14
  • Pempek, Makanan Tradisional Palembang Berbahan Ikan
    Pempek, Makanan Tradisional Palembang Berbahan Ikan
    23/01/2022 - 04:19
  • Kafe Kopi Siip Probolinggo Jadi Primadona Kalangan Pemuda
    Kafe Kopi Siip Probolinggo Jadi Primadona Kalangan Pemuda
    22/01/2022 - 19:15