Gaya Hidup

Cara Membuat Kop Surat di Word, Dijamin Bisa!

Kamis, 09 Desember 2021 - 05:15 | 95.88k
Ilustrasi. Cara Membuat Kop Surat di Word. (FOTO: Pixabay/goumbik)
Ilustrasi. Cara Membuat Kop Surat di Word. (FOTO: Pixabay/goumbik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKop surat adalah bagian atas surat yang berisi keterangan atau informasi perihal nama, alamat, dan nomor kantor dari suatu lembaga atau badan usaha, dan sebagainya. Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan Microsoft Word. Cara membuat kop surat di Word cukup mudah.

Sebelum mengetahui cara membuatnya, perlu diketahui bahwa pembuatan kop surat harus menurut kaidah pembuatan dan rincian yang sempurna, termasuk penggunaan bahasa baku. Tujuannya agar surat mudah dimengerti.

Kop surat atau kepala surat adalah salah satu di antara struktur paling penting dalam pembuatan surat resmi. Bagian surat yang satu ini mampu mewakili identitas sebuah organisasi, perusahaan, atau lembaga tertentu.

Mengingat perannya yang cukup penting, maka perlu tahu cara membuat kop surat, terutama cara membuat kop surat di Word. Cara membuatnya bisa dibilang cukup sederhana. 

Anda bisa menggunakan Microsoft Word versi apa pun. Fitur yang perlu perlu diketahui ketika membuat kop surat di Word yaitu Header dan Footer.

Panduan Cara Membuat Kop Surat di Word
Ada beragam jenis surat. Ada yang disebut surat resmi dan tidak resmi. Di sini dibahas kop surat atau kepala surat sebagai bagian dari srtuktur surat.

Kop surat merupakan identitas sebuah surat bersifat resmi atau tidak. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui cara untuk membuat kop surat dengan menggunakan Ms Word.

Cara membuat kop surat cukup mudah. Agar tidak salah membuatnya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Mengenal Header dan Footer
Cara membuat kop surat di Word cukup mudah. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai fitur Header dan Footer berikut fungsinya.

Header dan Fungsinya
Jika Anda ingin membuat surat resmi, sebaiknya kenali dulu fitur Microsoft Word yang satu ini. Header merupakan area yang terdapat pada margin atas dalam halaman Ms Word.

Area kosong inilah yang bisa Anda jadikan kop surat. Sedangkan untuk fungsinya sendiri, Header yaitu cukup beragam. Salah satunya sebagai cara membuat kop surat di Word.

Dalam bagian ini, Anda bisa memasukkan informasi terkait alamat, nomor kontak, nama, dan masih banyak yang lainnya.

Footer dan Fungsinya
Fitur lain yang penting dalam membuat kop surat di Word yaitu Footer. Fitur ini merupakan area kosong dengan posisi berada pada bagian bawah margin halaman.

Fungsi footer sendiri untuk menambahkan teks pada area tersebut. Misalnya menuliskan nomor halaman. Perbedaan Header dan Footer hanya terlihat dari letaknya saja. Sehingga akan cukup mudah untuk memahami.

Membuat Kop Surat di Word dengan Header
Ketika Anda ingin membuat kop surat di Word, kini semua Ms Word sudah memiliki fitur tersebut. Bahkan sudah menyediakan template kop surat gratis yang bisa digunakan.

Template menjadi jarang terpakai karena biasanya diatur secara default. Anda bisa membandingkan dengan pembuatan kop surat dengan cara lain. Ternyata di Word semua akan terasa lebih mudah dan sederhana. Cara membuat kop surat dengan bantuan fitur Header:

1. Buka menu Insert > Header dan Footer > Header.
2. Selanjutnya Anda bisa memasukkan alamat, logo, nama bahkan informasi penting lainnya ke dalam Header.
3. Dengan melakukan langkah sebelumnya Anda secara otomatis sudah bisa membuat kop surat dengan aman dan berhasil.

Header menjadi fitur baru yang membuat kop surat menjadi lebih mudah. Adanya Microsoft Word membuat siapa pun bisa membuat kop surat. Anda tinggal perlu mengetahui cara membuat kop surat di Word. Dan semua menjadi lebih mudah dengan fitur Header dan Footer. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES