Pemerintahan

Besok, Disarpus Malut Gelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:11 | 37.57k
Kadisarpus Malut Muliadi Tutupoho saat bersama dengan Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba (kanan). (FOTO: Dok Muliadi)
Kadisarpus Malut Muliadi Tutupoho saat bersama dengan Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba (kanan). (FOTO: Dok Muliadi)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara (Disarpus Malut) akan menggelar sosialisasi jabatan fungsional pustakawan di Muara Hotel, Ternate, Kamis. (9/12/2021).

Acara itu bakal dihadiri 42 peserta yang terdiri dari perwakilan perguruan tinggi yakni Universitas Khairun Ternate 3 orang, IAIN Ternate 2 orang, UMMU Ternate 2 orang, STIKIP Ternate 2 orang, Poltekes Ternate 2 orang, AIKOM Ternate 1 orang.

Perwakilan dari instansi/lembaga meliputi Kemenkumham Malut 2 orang, BPS Malut 1 orang, BKD Malut 2 orang, Sekretariat DPRD Malut 1 orang, Biro Hukum Malut 1 orang, Biro Organisasi Malut 2 orang, Disarpus Kota Ternate 2 orang, Disarpus Halut 2 orang, Disarpus Halbar 2 orang, Disarpus Malut 7 orang. 

Kemudian untuk perwakilan sekolah, yaitu SMA 1 Ternate 1 orang, SMA 2 Ternate 1 orang, SMA 4 Ternate 1 orang, SMA 8 Ternate 1 orang, SMA 10 1 orang, MA Alkhairat Ternate 1 orang, dan SMA Nurul Hasan Ternate 1 orang. 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut Muliadi Tutupoho saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk mendorong sumber daya manusia dalam pengelolaan perpustakaan, karena perpustakaan maju atau tidak tergantung pada pustakawan.

"Maju mundurnya sebuah perpustakaan itu sangat bergantung pada pustakawannya. Kalau  pustakawannya kreatif, pustakawannya inovatif, pustakawannya mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi , maka dapat dipastikan Perpustakaan akan maju dan berkembang, demikian sebaliknya," katanya, Rabu (8/12/2021).

Mantan juru bicara Gubernur Malut itu mengaku dulu jabatan pustakawan nyaris tidak diminati, namun saat ini, bukan lagi tidak minati namun sumber daya manusia untuk pustakawan sangat terbatas bahkan sulit kita temukan.

"Jabatan fungsional pustakawan minimal S1 jurusan perpustakaan, mungkin di Malut ini masih sangat terbatas, sehingga dengan kegiatan sosialisasi ini bisa menambah pengetahuan bagi kita semua," harapnya.

Muliadi mengaku bahwa jabatan pustakawan ini mempunyai tugas dan ruang lingkup wewenang untuk melakukan kegiatan kepustakaan disetiap instansi dan lembaga, sehingga dalam kegiatan sosialisasi jabatan fungsional pustakawan, juga dihadirkan narasumber dari Perpusnas.

"Jabatan Fungsional Pustakawan ini harus mampu memahami peran, fungsi, tugas, tanggungjawab dan wewenangnya. Di sinilah pentingnya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan," ungkapnya.

Lanjut Muliadi selain dari Perpusnas, narasumber lain juga dihadirkan yakni BKD Malut dalam sosialisasi jabatan fungsional pustakawan ini, karena di Malut SDM khusus pustakawan masih sangat minim dan mungkin tidak ada.

"Narasumber kami hadirkan juga BKD Malut, karena SDM kita khususnya untuk pustakawan masih sangat terbatas," pungkas Kepala Disarpus Malut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES