Peristiwa Daerah

Jembatan Penghubung di Desa Besuk Putus, Pemkab Bondowoso Siap Bangun Jalan Alternatif

Rabu, 08 Desember 2021 - 16:36 | 34.26k
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin bersama sejumlah pihak terkait saat meninjau lokasi jalan di Desa Besuk yang terputus akibat banjir (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin bersama sejumlah pihak terkait saat meninjau lokasi jalan di Desa Besuk yang terputus akibat banjir (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Jembatan penghubung antara dua dusun di Desa Besuk Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso terputus akibat dikikis aliran sungai yang cukup deras beberapa hari lalu. Dan Pemkab Bondowoso pun sigap menyikapi permasalahan tersebut.

Jembatan yang terputus di salah satu ujungnya itu merupakan penghubung antara Dusun Cermee dan Dusun Labes.  Sebanyak 90 kepala keluarga (KK) di Dusun Cermee pun terisolasi. Bahkan jalan alternatif juga rusak diterjang air.

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kalaksa BPBD, Kepala Dinsos meninjau lokasi tersebut Senin kemarin.

Kepala Dinas PUPR, Munandar mangatakan, Pemkab akan membuat jalan alternatif untuk roda dua, sebelum jembatan itu dibangun. Sementara untuk akses roda empat menyusul. "Karena terkait anggaran," imbuhnya saat dikonfirmasi.

Sedangkan renovasi jembatan yang putus sendiri masih akan dilaksanakan Tahun 2022 mendatang. Yakni menggunakan dana on call yang ada di BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dengan besaran sekitar Rp Rp 500 juta. 

"Nanti yang bekerja siapa akan dikembalikan pada BPBD. Dipastikan PUPR siap membantu jika dibutuhkan," jelasnya, Rabu (8/12/2021).

Menurutnya, pembangunan nanti sifatnya untuk menguatkan. Bukan membangun kembali. "Jadi penguat sayap kiri, sayap kanan. Jembatannya kan utuh," imbuhnya. 

Hujan deras menyebabkan debit air di sungai Desa Besuk. Air meluap dan menyebabkan jembatan penghubung dua dusun di desa tersebut ambruk di salah satu ujungnya. Akses jalan dusun yang menjadi alternatif juga rusak karena derasnya arus sungai dan mengakibatkan tanah di jalan terkikis sehingga tidak bisa dilewati.

Untuk sementara, sembari menunggu perbaikan dari Pemkab Bondowoso, warga di Desa Besuk Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso harus menggunakan jalan alternatif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES