Pendidikan Erupsi Gunung Semeru

UM Jember Bergerak Cepat Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Rabu, 08 Desember 2021 - 16:06 | 38.45k
Rapat koordinasi tanggap bencana yang dihadiri Rektor UM Jember. (FOTO: Humas UM Jember for TIMES Indonesia)
Rapat koordinasi tanggap bencana yang dihadiri Rektor UM Jember. (FOTO: Humas UM Jember for TIMES Indonesia)
FOKUS

Erupsi Gunung Semeru

TIMESINDONESIA, JEMBER – Bencana erupsi Gunung Semeru menjadi pusat perhatian bagi seluruh warga Indonesia. Berbagai bantuan terus diturunkan untuk membantu warga terdampak, tak terkecuali Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember).

Sebagai instansi yang bergerak dibidang pendidikan, UM Jember memilih dan bertindak cepat dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di lingkungan kawasan erupsi Gunung Semeru.

Membuka pintu donasi berupa logistik hingga penurunan relawan siaga bencana dari mahasiswa menjadi langkah yang diambil oleh UM Jember.

Sasmiyanto, M.Kes., dalam rapat koordinasi tanggap bencana UM Jember memaparkan bahwa langkah-langkah ini akan disesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Ia tidak menginginkan persediaan di lapangan justru berlebihan.

"Barang logistik yang masuk ke lokasi pengungsian itu sudah sangat banyak. Kita tidak mau seperti bahan makanan malah terbuang sia-sia. Nanti kita sesuaikan dengan data yang telah diterima, kira-kira kebutuhan apa saja yang diperlukan di lapangan, seperti obat-obatan, relawan," ungkapnya, Selasa, (7/12/2021).

Sampai sekarang, pihaknya telah menerjunkan sepuluh mahasiswa untuk menjadi relawan yang kemudian dilatih tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Mahasiswa tersebut akan didampingi oleh dosen pendamping khusus yang nantinya ikut membantu dan memantau perkembangan di TKP (Tempat Kejadian Perkara). Menurut Sasmiyanto, mahasiswa tersebut dipilih berdasarkan kebutuhan lapangan.

"Kebutuhan lapangan itu kan banyak, jadi kalau yang dibutuhkan tenaga medis kita turunkan mahasiswa dari fakultas keperawatan." jelas Sasmiyanto.

Sementara itu Rektor UM Jember, Dr. Hanafi mengatakan bahwa UM Jember di bawah naungan organisasi Muhammadiyah harus menunjukkan aksi cepat dan tanggap dalam membantu sesama.

"Telah diputuskan pada rapat pimpinan sebelumnya bahwa kita bertindak dalam satu koordinasi tim di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Jember. Sehingga, tidak ada tim-tim lainnya yang tercecer," ungkap Rektor.

Sebelumnya, UM Jember telah membuka donasi terhadap korban erupsi Gunung Semeru. Adapun donasi yang diterima ialah uang, dan logistik yang bisa disalurkan melalui transfer Bank Syariah Indonesia kepada Bendahara 12 UM Jember dengan nomor rekening 7131390682. Sementara itu, dikarenakan barang logistik di lokasi telah overload, maka donasi berupa barang logistik dibatasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES