Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Vaksinasi Terus Digencarkan, Ini Capaian Kumulatif di Lamongan

Rabu, 08 Desember 2021 - 15:41 | 39.75k
Pelaksanaan vaksinasi di Desa Gondanglor, Kecamatan Sugio. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Pelaksanaan vaksinasi di Desa Gondanglor, Kecamatan Sugio. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan didampingi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai tim pengamanan, menggencarkan vaksinasi Covid-19.

Hari ini vaksinasi dilaksanakan di sejumlah titik yang berada di beberapa kecamatan, meliputi Kecamatan Sugio, Kembangbahu, Mantup serta Kecamatan Babat.

"Vaksinasi tersebut merupakan vaksinasi dosis 2 yang merupakan kelanjutan dari tahap pertama dengan target 4.500 dosis," kata Surya, anggota BIN, Rabu (8/12/2021).

Selain itu, vaksinasi ini juga merupakan kelanjutan dari vaksinasi door to door yang sudah dilaksanakan di beberapa desa pada waktu sebelumnya.

“Sebelumnya kami melaksanakan vaksinasi terhadap pelajar dan door to door, saat ini kami mendampingi Dinas Kesehatan Lamongan dalam pelaksanaan vaksinasi di setiap Desa dan Puskesmas dengan harapan mempercepat herd immunity di wilayah Lamongan, untuk mengantisipasi gelombang ke-3 dan varian baru omicorn masuk ke Indonesia," tuturnya.

Dengan terbentuknya herd immunity, kata Surya, maka akan dapat memberikan rasa aman ketika beraktivitas dan membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Tapi jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan hindari kerumunan," ucap Surya.

Program gencaran vaksinasi ini dimaksudkan untuk masyarakat yang mempunyai kendala transportasi dalam mendatangi tempat vaksin serta masyarakat sekitar.

Sementara itu, Hardian Permana, Kepala Desa Gondanglor yang menjadi salah satu titik pelaksanaan vaksinasi, berharap dengan digencarkannya vaksinasi dapat mencegah kembali terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

"Dengan kerjasama-kerjasama seperti ini dari kelembagaan-kelembagaan yang ikut berpartisipasi untuk menaikkan capaian vaksinasi, sehingga harapannya ke depan hingga Bulan Desember akhir ini, secara keseluruhan di Indonesia, khususnya di Desa Gondanglor, vaksinasi sudah mencapai 80 persen, sehingga Covid-19 semakin landai dan supaya kita terbebas dari pandemi," kata Hardian.

Untuk diketahui, saat ini capaian vaksinasi kumulatif di Kabupaten Lamongan untuk dosis pertama sebanyak 820.044 atau mencapai 77,10 persen, dari total sasaran proyeksi sebanyak 1.063.543. Untuk dosis kedua 676.562 atau 63,61 persen, dosis ketiga 6.385 atau 89,60 persen. Sedangkan untuk lansia, dosis pertama 114.696 atau 72,42 persen, dosis kedua 84.302 atau 53,23 persen dari total sasaran 158.377.

Sementara vaksinasi pelajar dosis pertama mencapai 99.415 atau 88,57 persen dan dosis kedua 77.997 atau 69,49 persen, dari total sasaran 112.246. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES