Peristiwa Daerah

Dinkes: Kepulauan Sula Lolos Eliminasi Malaria 2021

Rabu, 08 Desember 2021 - 15:02 | 83.69k
Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Sula, Suryati Abdullah (Foto: Masri Fokaaya/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Sula, Suryati Abdullah (Foto: Masri Fokaaya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEPULAUAN SULA – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula (Dinkes Kepualuan Sula), Maluku Utara, Suryati Abdullah selaku Kepala Dinas Kesehatan berhasil mengejar target untuk keluarkan Sula dari daerah yang bebas dari penyakit malaria

Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula yang dilantik Bupati Hj. Fifian Adeningsih Mus, pada (8/6/2021) lalu ini menuturkan, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras Dinas Kesehatan bersama pihak Direktur RSUD Sanana, sehingga saat ini Kepulauan Sula berhasil lolos eliminasi malaria tahun 2021.

"Alhamdulillah, dari hasil Komando Pembasmian Malaria (KOPEM Pusat), kemarin memutuskan Kabupaten Kepulauan Sula lolos eliminasi malaria tahun 2021," kata Suryati  di ruang kerjanya Rabu (8/12/2021).

Suryati, mengatakan semenjak dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan, dia memiliki komitmen kuat untuk membebaskan Kepulauan Sula dari malaria. "Dan hari ini saya telah mendapat kabar baik kalau Sula lolos dari eliminasi malaria," ungkapnya.

Dikatakanya, syarat utama eliminasi malaria ini adalah tidak terdapat kasus penularan malaria setempat selama tiga tahun berturut-turut. Sedangkan kegiatan pokok penting menuju eliminasi malaria meliputi regulasi tentang eliminasi malaria.

Suryati, menambahkan dari pencapaian yang saat ini sudah diraih, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kepulauan Sula agar turut membantu Pemerintah Daerah membersihkan lingkungan yang menjadi tempat perindukan nyamuk. 

"Pasalnya percepatan penurunan kasus malaria di Sula tidak hanya menjadi tugas Dinas Kesehatan, malainkan juga harus mendapat dan membutuhkan dukungan penuh dari sektor lainya termasuk masyarakat, " ucap Plt Kepala Dinkes Kepulauan Sula. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES