Peristiwa Daerah

BINDA Jateng Laksanakan Vaksinasi Door to Door

Rabu, 08 Desember 2021 - 14:56 | 36.50k
 Warga Kedunggading dan Ngerjo Ringinarum Kendal, saat mendapatkan distribusi vaksin dari BIN Daerah Jateng, di Desa Kedunggading, Rabu 08/12/2021 (Foto: Zamroni/ TIMES Indonesia).
Warga Kedunggading dan Ngerjo Ringinarum Kendal, saat mendapatkan distribusi vaksin dari BIN Daerah Jateng, di Desa Kedunggading, Rabu 08/12/2021 (Foto: Zamroni/ TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, KENDAL – Jelang Natal tahun  2021 dan Tahun baru 2022 (Nataru), Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Jawa Tengah kembali gencarkan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar atau santri serta masyarakat umum secara door to door di empat Kabupaten yang ada di Jateng, Rabu (08/12/2021).

Kabinda Jateng, Brigjen Sondi Siswanto mengatakan kegiatan vaksinasi door to door tersebut dilakukan dengan cara langsung mendatangi kediaman warga untuk divaksin di rumah-rumahnya masing- masing dan yang diutamakan bagi lansia dan difabel.

Menurutnya, dengan adanya vaksinasi door to door tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena warga yang memiliki keterbatasan ke sentra vaksinasi dapat mendapatkan vaksin terutama kelompok lansia yang capaian vaksinasinya baru mencapai 64,92%.

"Saya berharap, masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin tetap menjaga dan menerapkan prokes, karena pandemi belum berakhir. Dengan adanya vaksinasi ini kami berharap kekebalan komunal atau herd immunity dapat segera terbentuk, dan aktivitas ekonomi dapat kembali seperti sediakala," kata Kabinda Jateng, Brigjen Sondi Siswanto melalui press rilisnya secara tertulis.

Binda Jateng a

Sondi menjelaskan, untuk kegiatan vaksinasi door to door saat ini, pihaknya menggelar di sembilan tempat yang berada di empat Kabupaten di jateng. Empat Kabupaten itu meliputi Kabupaten Purbalingga, Kendal, Boyolali dan Pekalongan.

"Kami mentargetkan vaksinasi massal door to door di empat wilayah itu sekitar 11.000 dosis vaksin jenis Sinovac. Untuk di wilayah Kabupaten Kendal vaksinasi massal door to door ini kita tempatkan di empat tempat, yaitu di Desa Kertosari Singorojo, Gempolsewu Rowosari, Desa Ngerjo dan Kedunggading Kecamatan Ringinarum," tuturnya.

Sondi melanjutkan, untuk vaksinasi bagi pelajar atau santri diselenggarakan di Pon- pes Darul Abror Kedungjati Bukateja Purbalingga. Selain itu vaksinasi di wilayah Purbalingga dilaksanakan di Desa Selakambang dan Desa Arenan Kecamatan Kalikondang, Kelurahan Purbalingga Kidul Kecamatan Purbalingga.

"Sedangkan di Kabupaten Boyolali kita laksanakan di Desa Candi Kecamatan Ampel dan Untuk Kabupaten Pekalongan di Desa Desa Kertijayan Kecamatan Buaran dan Desa Karangsari Kecamatan Karanganyar," lanjutnya.

Sondi menegaskan, untuk perkembangan capaian vaksinasi di jateng sejak 7 Desember 2021 sudah menunjukan progress yang sangat baik yaitu sebesar 72,76%, demikian juga capaian untuk 4 kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Purbalingga 68,18 persen, Kendal 75,75 persen, Pekalongan 63,76 persen dan Boyolali telah mencapai 80,70 persen.

Binda Jateng b

"Dengan terselenggaranya kegiatan ini, kami berharap bisa membantu percepatan vaksinasi di wilayah Jateng. Metode door to door atau jemput bola merupakan cara yang efektif untuk menyisir warga di wilayah agar memperoleh vaksin," tandasnya.

Sementara itu, Camat Ringinarum Kendal, Sobirin mengatakan, untuk saat ini capaian vaksinasi lansia di Kecamatan Ringinarum Kendal baru mencapai 68 persen.

"Dengan adanya kegiatan vaksinasi door to door ini kami berharap target kita di tahun baru bisa mencapai 80 persen. Untuk capain vaksinasi lansia di Kecamatan Ringinarum baru mencapai 68 persen. Namun secara keseluruhan baru mencapai 64 persen," pungkas Sobirin saat kegiatan vaksinasi door to door yang dilaksanakan oleh BINDA Jateng di Kabupaten Kendal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES