Peristiwa Daerah

Desa Wisata Apar Kota Pariaman Juara 3 ADWI 2021

Rabu, 08 Desember 2021 - 06:26 | 80.74k
Direktur BUMDes Apar Mandiri, Fadel Muhammad didampingi Walikota Pariaman, Dr H Genius Umar, S Sos, M Si, di malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. (Foto : Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
Direktur BUMDes Apar Mandiri, Fadel Muhammad didampingi Walikota Pariaman, Dr H Genius Umar, S Sos, M Si, di malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. (Foto : Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PARIAMANDesa Wisata Apar Kota Pariaman, Sumatra Barat menjadi juara 3 Apresiasi Desa Wisata Indonesia (ADWI). Desa Wisata Apar diunggulkan dalam kategori Desa Digital.

Kabar gembira ini diumumkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), dalam Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia, bertempat di Ciputra Artpreneur, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa malam (7/12/2021).

Penghargaan diserahkan oleh dewan juri ADWI 2021 yang juga Wakil Menteri Desa, Budi Arie Setiadi, kepada Direktur BUMDes Apar Mandiri, Fadel Muhammad didampingi Walikota Pariaman, Dr H Genius Umar, S Sos, M Si. Suasana suka cita memenuhi acara yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Mneparekraf) Sandiaga Uno ini.

Pencapaian ini merupakan buah manis kerja keras Pemkot Pariaman, beserta masyarakat dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata. Seperti diketahui, kota berjuluk The Sunset City of Indonesia ini terus berbenah serta melakukan inovasi.

“Tentunya ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Kota Pariaman, karena dapat bersaing dengan desa wisata lainya yang ada di Indonesia,” kata Wali Kota Genius Umar.

Kota Pariaman a

Masyarakat Kota Pariaman patut senang berbangga dengan prestasi ini. Karena ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 desa wisata se Indonesia. Dalam penilaian Desa Wisata Apar berhasil lolos ke tahap 300 besar, 100 besar dan 50 besar. Hingga akhirnya sukses menjadi juara 3 ADWI 2021 kategori Desa Digital.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman (Kadisparbud Kota Pariaman), Dwi Marhen Yono menyampaikan syukur yang mendalam. Dia berharap prestasi yang diraih Desa Wisata Apar mampu menjadi motivasi bagi seluruh elemen masyarakat. Khususnya dalam bergotong royong bersama mendorong kemajuan sektor pariwisata Kota Pariaman.

“Prestasi ini adalah bukti bahwa potensi sektor pariwisata Kota Pariaman diperhitungkan dikancah nasional. Bukan hanya keindahan destinasinya, tapi juga dalam kreativitas pengelolaan,” katanya.

Dia juga mengungkapkan bahwa keberhasilan kali ini merupakan kerja keras seluruh elemen masyarakat Kota Pariaman selama 1 tahun 4 bulan. Mulai dari Super Team Disparbud Kota Pariaman, lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh adat, tokoh masyarakat, pegiat wisata, kaum milenial dan lainnya. Tentunya dibawah bimbingan serta arahan Wali Kota Genius Umar.

“Semoga sektor pariwisata Kota Pariaman semakin maju dan terus berkembang,” cetus Dwi Marhen.

Untuk diketahui, Desa Wisata Apar merupakan desa wisata unggulan di Kota Pariaman, Sumbar. Sebuah desa wisata yang kaya wahana. Seperti hutan mangrove yang dilengkapi dengan tracking berbalutan keindahan alam dikanan kirinya. Dilengkapi dengan gazebo-gasebo serta menara pandang.

Di Desa Wisata Apar, pengunjung juga bisa melihat berbagai macam jenis mangrove dan ekosistem makhluk hidup.

Makin menarik, tempat wisata ini memiliki hamparan pantai yang bersih dan indah. Dan disore hari, pemandangan sunset menjadi pajangan alam yang cukup memanjakan mata.

Kota Pariaman b

Wahana konservasi penyu pun ada disini. Sedikitnya terdapat 3 jenis penyu dari 7 jenis penyu langka. Maka tak heran, tempat ini sering menjadi jujugan wisatawan. Baik lokal, nasional maupun internasional.

“Di Desa Wisata Apar juga ada atraksi unik. Yakni aktraksi beruk memetik kelapa di "Sekolah Tinggi Ilmu Beruk". Jadi para wisatawan bisa menikmati kelapa muda segar langsung dari pohonnya yang dipetik oleh si beruk,” jelas Kadisparbud Kota Pariaman.

Ada pula aktraksi kano untuk menelusuri hutan mangrove. Serta memberdayakan masyarakat dengan mengolah buah mangrove menjadi minuman dan makanan. Sekaligus menjadi usaha ekonomi kreatif masyarakat sekitar.

Dengan menjadi juara 3 ADWI 2021 kategori Desa Digital, Desa Wisata Apar Kota Pariaman berhak atas penghargaan dan hadiah Tabanas sebesar Rp20 juta dari Kemenparekraf RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES