Pemerintahan

Wakil Wali Kota Banjar Dukung Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat

Selasa, 07 Desember 2021 - 21:25 | 36.49k
Wakil Wali Kota Banjar saat menghadiri kegiatan pembinaan dan pembentukan IPSM Tingkat Kota Banjar. (Foto: Susi/ TIMES Indonesia)
Wakil Wali Kota Banjar saat menghadiri kegiatan pembinaan dan pembentukan IPSM Tingkat Kota Banjar. (Foto: Susi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARWakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., hari ini membuka kegiatan Pembinaan dan Pembentukan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Tingkat Kota Banjar yang bertempat di Aula Kelurahan Banjar Kecamatan Banjar, Selasa (07/12/2021).

Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) adalah warga masyarakat yang atas dasar rasa kesadaran dan tanggung jawab serta didorong oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Menurut Wakil Wali Kota, pekerja sosial masyarakat yang merupakan relawan sosial adalah sebagai salah satu sumber daya manusia penyelenggara kesejahteraan sosial yang mempunyai kesempatan untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Peraturan Perundang-undangan yang berlaku seperti Undang-undang Nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahtetaan sosial dan peraturan pemerintah nomor 39 tahun 2012 telah mengamanahkan kepada kita sebagai Pemerintah, dunia usaha, dan sebagai masyarakat untuk bersinergi dalam melaksanakan pembangunan kesejahteraan masyarakat, yaitu untuk membangun sumber daya manusia yang dapat berkomitmen untuk memberdayakan segala kemampuan dan potensi dirinya untuk mandiri dan dapat hidup layak sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya dengan baik," papar Nana.

IPSM BSuasana pembinaan dan pembentukan IPSM di Aula Kelurahan Banjar (foto:Susi/TIMES Indonesia)

Para pekerja sosial masyarakat dalam berkontribusi untuk penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial tentu akan semakin solid dan kuat apabila terdapat wadah berhimpun. 

IPSM (Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) merupakan tempat koordinasi, konsultasi, pertukaran informasi dan pengalaman serta pengembangan kemampuan administrasi dan teknis di bidang Kesejahteraan Sosial.

"Atas dasar tersebut, maka saya mendukung untuk terbentuknya Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) di tingkat kota, kecamatan dan tiap desa atau kelurahan," katanya.

Kendati demikian, dalam pelaksanaan program kerjanya tentunya tetap dalam pembinaan dan sinergitas dengan Dinas Sosial atau kelembagaan lainnya.

"Hal tersebut perlu dilakukan agar tujuan untuk terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan sosial dapat terwujud dengan cepat dan tepat," ujar Wakil Wali Kota Banjar, H Nana Suryana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES