Tekno

5 Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara Terbaik

Rabu, 08 Desember 2021 - 06:52 | 5.36m
Ilustrasi. Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara Terbaik (FOTO: IBM)
Ilustrasi. Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara Terbaik (FOTO: IBM)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada beragam pilihan aplikasi pengubah teks menjadi suara di  Google Play Store. Aplikasi ini dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan membuat narator dalam video, atau keperluan sejenis lainnya.

Aplikasi ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat konten video. Anda tidak perlu lagi merekam secara manual. Hal yang perlu dilakukan hanya mengetik tulisan. Selanjutnya tulisan tersebut akan diubah menjadi suara sesuai keinginan.

Ragam Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara

Aktivitas manusia dimudahkan dengan teknologi. Termasuk saat ingin membuat suara pengantar atau narasi dalam sebuah video.

Sebelum ada aplikasi pengubah teks menjadi suara, untuk membuat video kita harus berbicara dalam pembuatan narasinya. Namun kini dengan perkembangan teknologi, cukup hanya mengetikkan narasi saja.

Selanjutnya teks tersebut akan diubah menjadi suara oleh sistem. Untuk mengubahnya, Anda dapat melakukan dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi tertentu yang diterapkan pada perangkat Android, iOS maupun PC.

Adapun ragam aplikasi pengubah teks menjadi suara  yang dapat dicoba sebagai berikut:

Synthesys
Aplikasi pengubah teks menjadi suara umumnya menggunakan robot speaker. Namun Synthesys berbeda dengan aplikasi lainnya yang sejenis.

Dalam aplikasi ini terdengar seperti manusia berbicara, karena memang aplikasi ini benar-benar menggunakan suara manusia.

Aplikasi ini mampu memberikan hasil terbaik dan memuaskan. Tidak heran jika banyak konten kreator yang memanfaatkan Synthesys.

Aplikasi ini dapat disejajarkan dengan jasa voice actor yang Anda temukan pada situs freelancer seperti Fiver.

Voice of Text
Pilihan aplikasi pengubah teks menjadi suara lainnya adalah Voice of Text. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengubah teks menjadi suara dengan karakter yang unik dan menarik.

Anda juga dapat membuat suara dalam bahasa Sunda dan Jawa. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengakses situs voiceoftext.com. Selanjutnya Anda tinggal masukkan tulisan yang akan Anda ubah jadi suara tersebut.

Natural Reader
Aplikasi pengubah teks menjadi suara ini menyediakan jenis suara laki-laki dan perempuan. Aplikasi Natural Reader tersedia dalam versi gratis dan berbayar yang dapat digunakan sesuai dengan keinginan.

Aplikasi Natural Reader dapat mengubah tulisan menjadi suara dalam beberapa bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

Anda juga dapat memilih beberapa tipe suara dengan gaya pengucapan yang berbeda-beda. Akan tetapi kesan robot ketika pengucapan sulit dihilangkan.

Dalam aplikasi ini terdaftar fitur yang menarik, yakni Miniboard. Penggunaaan fitur ini memungkinkan penggunanya mengubah teks dari beberapa jenis file. Sebagai contoh dari situs tertentu, file word, PDF, dan yang lainnya. Melalui fitur Miniboard, Anda juga dapat mengubah tulisan novel menjadi sebuah audiobook.

Capcut
Capsut merupakan aplikasi edit video yang dapat digunakan untuk mengubah teks menjadi suara. Aplikasi pengubah teks jadi suara ini dapat digunakan pada perangkat Android maupun iOS.

Capcut cukup populer di kalangan pengguna aplikasi Reels Instagram dan TikTok. Pasalnya, dengan aplikasi ini para pengguna dapat membuat video dengan narasi yang bukan berasal dari suara asli pembuat video, tetapi ketikan teks.

AudioBookMaker
Aplikasi pengubah teks jadi suara lainnya adalah AudioBookMaker. Aplikasi ini dapat mengubah teks menjadi audio dalam waktu relatif cepat dengan hasil memuaskan. Termasuk ke dalam parameter narasi yang dapat Anda sesuaikan. Mulai dari pith, volume serta kecepatannya.

AudioBookMaker juga mempunyai tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan bahasa. Dalam aplikasi ini terdapat fitur reminder dalam setiap pengaturan.

Itulah 5 aplikasi pengubah teks menjadi suara yang bisa Anda coba. Masih ada banyak pilihan aplikasi lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung keperluan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES