Peristiwa Daerah

Harkanas ke-8, Bupati Mojokerto Tebar Ribuan Benih Ikan di Sungai Brantas

Selasa, 07 Desember 2021 - 09:52 | 53.50k
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat menebar benih ikan di sungai Brantas, Senin (6/12/2021). (FOTO: Dok. Humas Pemkab Mojokerto for TIMES Indonesia)
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat menebar benih ikan di sungai Brantas, Senin (6/12/2021). (FOTO: Dok. Humas Pemkab Mojokerto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-8 tahun 2021, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, serta Ketua Forikan Kabupaten Mojokerto Devi Teguh Gunarko, bersama-sama melepas 5.000 ekor bibit ikan di MKP Brantas, Senin (6/12/2021). Bibit yang ditebar merupakan jenis ikan lokal Jawa Timur lain seperti muraganting, gurami, sengkaring, udang galah, nilem, wader, bethik dan tawes.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan  ini. Tempatnya pun strategis dan tidak jauh dari Surabaya. Kegiatan kita pagi ini semoga dapat mengena dan sesuai sasaran, karena ada aksi langsung yang dikerjakan,” kata Ketua Forikan Jawa Timur, Arumi Bachsin dalam arahannya.

Bupati Mojokerto hari ikan 2Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati bersama Ketua Forikan Jatim, Arumi Bachsin saat menabur benih ikan, Senin (6/12/2021) (Dok. Humas Pemkab Mojokerto for TIMES Indonesia)

Harkannas sendiri memiliki dua  pertimbangan penting. Pertama, Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa. Kedua, dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Indonesia serta mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

Keterkaitan antara pangan dan gizi nasional, merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan apalagi dalam masa pandemi Covid-19. Tubuh memerlukan imunitas sebagai daya tangkal terhadap penularan virus. Salah satu zat yang bisa membangun imun adalah omega 3, yang banyak terkandung dalam ikan segar.

Kegiatan pelepasan 5.000 ekor bibit ikan di MKP Brantas, turut dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Diah Wahyu Ermawati, Pengurus Penggerak TP PKK Jawa Timur, serta Kepala OPD. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES