Peristiwa Daerah

Komunitas Angklung Tasikmalaya Gelar Revitalisasi dan Sosialisasi Angklung Ngurulung

Minggu, 05 Desember 2021 - 22:45 | 42.40k
Pantia pelaksana kegiatan Revitalisasi dan Sosialisasi angklung,Ketua PGRI PC Kawalu,Sekertaris Kelurahan Tamanjaya. (Foto: Anton/TIMES Indonesia)
Pantia pelaksana kegiatan Revitalisasi dan Sosialisasi angklung,Ketua PGRI PC Kawalu,Sekertaris Kelurahan Tamanjaya. (Foto: Anton/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Dalam rangka memperingati Hari Angklung Sedunia tahun 2021, komunitas Angklung Tasikmalaya menggelar revitalisasi dan sosialisasi Angklung Ngurulung.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan KPS Pusnakawan, Brinka PGRI,TMC, Kampung Angklung Payingkiran.Bertempat di Sanggar Seni Punawan Situ Cibeureum Kelurahan Taman Jaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Minggu (5/12/2021).

Acara dihadiri Sekretaris Kelurahan, Pengurus PGRI komunitas Budaya antara lain Saba Budaya Sunda, Sunda Ngahiji, Rongkat Jagat dan peserta Angklung.

Bambang S.Pd., M.Pd., perwakilan pantia pelaksana mengatakan kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Angklung Sedunia tahun 202 yang diperingati pada bulan November.

"Dalam kegiatan hari ini banyak hal yang harus diperlihatkan dan diskusikan tentang seni budaya angklung.Dengan adanya kegiatan ini, seni angklung bisa masuk di generasi muda pada umumnya,"ujar Bambang.

Komunitas Angklung Tasikmalaya 2

Menurutnya, pada tahun 2019 seni angklung ini bisa menampilkan 219 siswa pertunjukan di Bale Kota Tasikmalaya. "Dan berharap kepada masyarakat bisa paham dan mencintai seni angklung serta masyarakat agar cerdik memilih seni juga pintar mengemasnya,” kata Bambang.

Sementara itu, Camat Tamansari melalui Yosep Muhammad Sekertaris Kelurahan (Seklur) Tamanjaya, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi seni angklung yang merupakan jadi Budaya kita di tanah air Indonesia.

"Dengan harapan Angklung di Kota Tasikmalaya, bisa diterima di kalangan masyarakat dan menjadikan Icon pariwisata serta mendongkrak destinasi wisata.Kedepannya juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Tasikmalaya pada umumnya,"ungkapnya.

Helatini S.Pd., M.Si.,Ketua PGRI PC Kawalu mengungkapkan seni budaya Angklung patut dilestarikan, agar bisa masuk di kalangan masyarakat apalagi di kalangan pendidikan khususnya di wilayah kota Tasikmalaya.

“Dalam waktu dekat Insya Allah kami akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan melalui PGRI. "Dan harapan pemberdayaan seni Angklung semakin digemari tiap kalangan, seni anggklung harus terus eksis dimana saja dan kapan saja,”tutup Helatini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES