Peristiwa Daerah

Gunung Semeru Meletus, Lanud Abd Saleh Bergerak dari Darat dan Udara

Minggu, 05 Desember 2021 - 12:52 | 54.11k
Lanud Abd Saleh Malang pasca erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Sabtu (4/12/2021) melaksanakan tanggap darurat dengan mengirimkan personel, sarana dan bansos untuk masyarakat terdampak bencana. (FOTO: Pentak Lanud Abd Saleh Malang)
Lanud Abd Saleh Malang pasca erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Sabtu (4/12/2021) melaksanakan tanggap darurat dengan mengirimkan personel, sarana dan bansos untuk masyarakat terdampak bencana. (FOTO: Pentak Lanud Abd Saleh Malang)

TIMESINDONESIA, MALANGLanud Abd Saleh bergerak dari darat dan udara untuk melaksanakan operasi melibatkan diri dalam penanganan pasca Gunung Semeru meletus.

Dari darat sebuah tim dibentuk di bawah koordinasi Kadispotdirga (Kepala Dinas Potensi Dirgantara), Kolonel (Tek) Chaeruman dengan mengerahkan tiga item pokok, yakni personel, sarana dan bansos.

Abd Saleh Malang b

Tim ini berangkat Minggu pagi-pagi. Mereka langsung diterjunkan ke lokasi bencana dan akan bergabung dengan personil tanggap darurat yang ada di Lumajang

Dalam waktu yang bersamaanz Minggu (5/12/2021) pagi, Danlanud Abd Saleh Malang, Marsma TNI Zulfahmi, S.Sos., M.Han. secara khusus juga melakukan pemantauan dari udara dengan menggunakan helikopter EC 120 Colibri dari Skadron Udara 7 yang senantiasa standby di Lanud Abd Saleh itu.

Selain melakukan pemantauan, Danlanud  mengajak serta Bupati Lumajang, Toriqul Haq melakukan foto dan pengambilan gambar dari udara di sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang.

Dari pantauan udara terlihat bahwa puncak gunung semeru masih terlihat aktivitas berupa guguran lava dari atas kawah. Sedangkan wilayah yang terdampak adalah dua kecamatan yaitu Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo dengan delapan desa di dalamnya.

Abd Saleh Malang c

Sementara itu dari darat, Kolonel (Tek) Chaeruman beserta timnya berangkat ke lokasi bencana menggunakan kendaraan darat.

Chaeruman mengatakan, sesuai arahan Danlanud, tim tanggap darurat Lanud Abd Saleh yang berangkat ke lokasi bencana akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kodim dan Polres.

Personel yang dikirim ke lokasi bencana meliputi staf Dispotdirga, prajurit Paskhas satu peleton serta didukung personel dari staf terkait lainnya, seperti Rumah Sakit, Penerangan, Pomau, Pengamanan dan lainnya.

Sedangkan sarana yang dikerahkan meliputi 1 truk bansos, 1 truk tenda, 1 truk untuk angkut prajurit, kendaraan Pomau, ambulance dan kendaraan pendukung.

Bansos yang dikirimkan berupa tenda lapangan, velbed, paket sembako dan lainnya.

Tim Tanggap Bencana Lanud Abd Saleh kini di lokasi Gunung Semeru meletus, tengah melaksanakan kegiatan tanggap bencana seperti membuat dapur lapangan, menolong korban bencana, membuka jalan yang terisolasi dan lainnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES