News Commerce

Pameran Virtual 76 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri

Minggu, 05 Desember 2021 - 12:47 | 92.37k
Pameran Virtual Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri.
Pameran Virtual Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-76, Kementerian PUPR menyelenggarakan Pameran Virtual “76 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri” pada tanggal 4 - 30 Desember 2021 yang dapat diakses pada link https://digitalexpo.pu.go.id. Melalui pameran virtual ini, hasil-hasil pembangunan infrastruktur yang telah dirasakan manfaatnya dapat diketahui masyarakat lebih luas. 

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas nasional dalam rangka meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil-hasil pembangunan. Pada tahun 2021 ini, Kementerian PUPR telah berhasil menyelesaikan pembangunan 15 bendungan dimana 11 diantaranya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. 

Bendungan tersebut antara lain Bendungan Tugu, Gongseng, Bendo, Kuningan, Paselloreng, dan Karalloe. Bendungan dengan ragam fungsi yang banyak (multi fungsi) seperti untuk irigasi, air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit energi harus dapat dimanfaatkan secara optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mendukung konektivitas dan mengurangi biaya logistik, hingga November 2021, Kementerian PUPR telah menuntaskan pembangunan dan mengoperasikan 101 km jalan tol dari target 190 km yang akan dicapai di akhir 2021 target. Dengan demikian total panjang jalan tol operasional di Indonesia hingga akhir 2021 menjadi 2.529 km. 

Beberapa ruas tol baru yang telah beroperasi tahun ini antara lain Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 1, Balikpapan – Samarinda Seksi 1 & 5, dan Semanan – Pulo Gebang Seksi A. 

Kementerian PUPR juga meneruskan pembangunan jalan nasional perbatasan di Kalimantan, Papua, dan NTT. Dari total panjang perbatasan 3.628 km, akan tersambung jalan sepanjang 3.404 km di akhir 2021. Diharapkan jalan perbatasan dapat tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2024. 

Disamping itu dalam mendukung  pengembangan 5 (lima) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, telah dilakukan pembangunan Jalan Lingkar Samosir, Penataan Kawasan Borobudur, Penataan Kawasan Labuan Bajo dan Penataan Kawasan Mandalika sebagai dukungan penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) 2021 beberapa waktu lalu. 

Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan tugas khusus pembangunan prasarana sarana olahraga mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Provinsi Papua. 

Kontribusi Kementerian PUPR dalam mendorong perekonomian masyarakat yang terpuruk pasca pandemi COVID – 19 dilakukan melalui pembangunan infrastruktur dengan pola Padat Karya Tunai (PKT). Program PKT Tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp 23,2 Triliun juga telah dilaksanakan hingga pelosok tanah air untuk membantu membuka lapangan kerja bagi 1,2 juta orang yang membutuhkan. 

Pameran pada laman digital expo.pu.go.id ini dilengkapi pula dengan kuis berhadiah menarik, e-sertifikat, serta stan swafoto bagi pengunjung untuk berbagi pengalaman di media sosial. 

Ayo, bersama kunjungi dan berkenalan lebih dekat lagi dengan Kementerian PUPR. 76 Tahun Bakti PUPR, Sigap Membangun  Negeri!

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES