Peristiwa Daerah

Gunung Semeru Meletus, Puluhan Rumah Terendam Abu Setinggi Empat Meter

Minggu, 05 Desember 2021 - 11:23 | 97.32k
Kondisi setelah erupsi Gunung Semeru, banyak rumah rusak dan kendaraan tertimbun pasir (Foto Banser Tanggap Bencana For TIMES Indonesia)
Kondisi setelah erupsi Gunung Semeru, banyak rumah rusak dan kendaraan tertimbun pasir (Foto Banser Tanggap Bencana For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LUMAJANG – Puluhan rumah di Dusun Kampung Renteng Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro terendam abu akibat Gunung Semeru meletus. Pantauan di lapangan, abu menutup rumah setinggi 4 meter, Minggu, (5/12/2021)

Informasi petugas, rumah yang berada di Kampung Renteng tersebut merupakan daerah yang berada di dekat aliran Lahar Semeru. Lokasi ini adalah lokasi rawan yang pertama kali dievakuasi petugas.

Selain rumah, dua truk juga tertimbun lahar dingin. Beruntung sopir berhasil menyelamatkan diri. Sementara truk ditinggal. Ada dua truk yang sama-sama terjebak lahar dingin hingga pasir menutupi badan mobil.

erupsi Gunung Semeru b

“Masih ada enam truk yang terjebak dan tidak bisa keluar karena keburu ada lahar dingin dari hulu. Warga dan sopir memilih lari meninggalkan truknya,” kata Samsul Arifin, warga setempat.

Arifin mengaku bersyukur bencana itu tak sampai mengakibatkan keluarganya luka. “Yang penting keluarga saya selamat saat Gunung Semeru erupsi. Saya kebetulan kirim pasir,” ujarnya.

Sementara di lokasi terdampak Gunung Semeru meletus masih banyak warga berdatangan untuk melihat rumah yang rata dengan pasir.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES