Peristiwa Daerah

Gunung Semeru Meletus, Bantuan Terpusat di Dua Titik

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:55 | 41.79k
Pendistrinusian bantuan korban terdampak erupsi Semeru, baik dari perseorangan, komunitas maupun LSM (foto : Qomaruddin Hamdi TImes Indonesia)
Pendistrinusian bantuan korban terdampak erupsi Semeru, baik dari perseorangan, komunitas maupun LSM (foto : Qomaruddin Hamdi TImes Indonesia)

TIMESINDONESIA, LUMAJANG – Banyak warga yang tergerak langsung memberikan bantuan pada korban terdampak Gunung Semeru meletus. Kini Pemkab Lumajang mulai memusatkan bantuan di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo.

Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf. Andi Andriyanto Wibowo mengatakan, putusnya Gladak Perak membuat akses jalan terhambat. Sehingga pusat bantuan diletakkan di dua tempat untuk memudahkan pendistribusian pada warga terdampak.

Gunung Semeru meletus b

“Pertama ada di kantor Desa Penanggal, Candipuro. Kedua di Pronojiwo. Kami sudah meminta bantuan teman-teman TNI dari Malang dan Blitar. Mereka yang menangani warga terdampak di sana,” katanya.

Sejak kejadian berlangsung, mulai dari perseorangan, komunitas, LSM hingga instansi pemerintahan mendatangi Kantor Desa Penanggal. Mereka datang membawa kebutuhan mendesak untuk diberikan pada warga terdampak.

Selain memusatkan bantuan logistik, Pemkab Lumajang juga tengah menyiapkan pendirian dapur umum di beberapa titik. Sebab, korban terdampak Gunung Semeru meletus yang mengungsi di beberapa titik pengungsian cukup banyak. "Rencananya kami akan mendirikan beberapa dapur umum di banyak titik. Di lapangan Penanggal dan lainnya juga akan dibantu Dinsos Provinsi. Fokus kami sekarang melakukan evakuasi secepat mungkin,” terangnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES