Peristiwa Daerah

Tingkatkan Kualitas Hidup Ibu dan Bayi, Pemkab Lamongan Gencarkan Pelayanan KB

Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:28 | 38.22k
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meninjau kegiatan Bakti Sosial Pelayanan KB MKJP MOW dalam rangka Hari Kontrasepsi dan Vasektomi Sedunia Tahun 2021 di RSM Kalikapas, Sabtu (04/12/2021). (Foto: Prokopim Lamongan for TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meninjau kegiatan Bakti Sosial Pelayanan KB MKJP MOW dalam rangka Hari Kontrasepsi dan Vasektomi Sedunia Tahun 2021 di RSM Kalikapas, Sabtu (04/12/2021). (Foto: Prokopim Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamongan (Pemkab Lamongan) untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya, tak terkecuali kualitas hidup ibu dan bayi melalui pelayanan KB (Keluarga Berencana).

Adapun pelayanan KB yang menggunakan kontrasepsi di Kabupaten Lamongan mencapai 119,24 persen peserta aktif dan 64,29 persen peserta baru. Dengan rincian pelayanan IUD tercapai 109, MOW tercapai 124, Implan tercapai 1.284, dan MOP tercapai 2.

Kepala Dinas BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Lamongan Umuronah menyampaikan, pencapaian tersebut tak lepas dari kerja keras dan kerjasama antara provider medis, stakeholder, penyuluh, kader KB hingga mitra kerja.

Pemkab Lamongan 2

"Atas dukungan Bapak Bupati, kami terus mengencarkan program Keluarga Berencana (KB) di seluruh Lamongan dan hari ini kita melakukan pelayanan KB sebanyak 124 akseptor MKJP MOW hasil kerjasama antara BKKBN Lamongan dengan tim Mitra Kerja Jawa Timur dan RSM Kalikapas," ujar Umuronah, Sabtu (4/12/2021).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi juga turut meninjau secara langsung kegiatan Bakti Sosial Pelayanan KB MKJP MOW dalam rangka Hari Kontrasepsi dan Vasektomi Sedunia Tahun 2021 di RSM Kalikapas bersama Ketua TP PKK Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi.

Pak Yes mengungkapkan, melalui pelayanan KB dapat meningkatkan wawasan keapada masyarakat akan pentingnya perencanaan dalam  menciptakan keluarga yang sehat, cerdas untuk mencetak generasi emas Lamongan yang dapat dilakukan sedini mungkin dan sebaik mungkin.

Pemkab Lamongan 3

"Ini menunjukkan bahwa merencanakan itu baik, karena berencana itu keren, melalui pelayanan KB ini diharapkan dapat merencanakan keluarga dalam rangka mencetak generasi emas Lamongan," tutur Pak Yes.

Melalui optimalisasi pelayanan KB ini, Pak Yes berharap, bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang baru saja dilahirkan. “Selain itu pelayanan ini juga sebagai bentuk ikhtiar bersama dalam menuntaskan angka stunting di Lamongan,“ kata Pak Yes, orang nomor satu di Pemkab Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES