Peristiwa Daerah Erupsi Gunung Semeru

Kembali Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Abu Vulkanik dan Awan Pekat

Sabtu, 04 Desember 2021 - 16:47 | 62.85k
Awan pekat dan abu vulkanik Gunung Semeru (Foto: BPBD Lumajang For TIMES Indonesia)
Awan pekat dan abu vulkanik Gunung Semeru (Foto: BPBD Lumajang For TIMES Indonesia)
FOKUS

Erupsi Gunung Semeru

TIMESINDONESIA, LUMAJANGGunung Semeru kembali mengalami erupsi. Tahun ini merupakan kedua kalinya gunung berapi tertinggi di Jawa itu menghembuskan asap tebal. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengimbau agar masyarakat mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman.

Wawan Hadi S, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan relawan dan tim reaksi cepat untuk membantu mengevakuasi warga. Juga untuk memantau perkembangan dan kondisi Gunung Semeru.

vulkanik Gunung Semeru b

Sampai saat ini Wawan menambahkan belum ada laporan resmi apakan ada korban jiwa atau kerugian material akibat kejadian tersebut. "Belum ada informasi resmi. Relawan sudah kamu terjunkan untuk membantu masyarakat mengevakuasi diri," terangnya

Sementara itu, Informasi erupsi Gunung Semeru terpantau sejak pukul 15.00 WIB, informasi di beberapa grup media sosial gencar mengabarkan jika Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. "Pantauan dari Gunung Sawur Lumajang asap pekat," ujar Azis salah satu Warga Desa Supiturang Kecamatan Pronijowo Lumajang.

Saat ini para relawan dan masyarakat sudah mengevakuasi warga untuk berpindah ke lokasi yang lebih aman. "Saat ini asap mengarah ke arah timur Balai Desa Sumber Wuluh sudah penuh dengan warga yang mengungsi," tambahnya.

vulkanik Gunung Semeru c

Sementara itu Suhariyono, warga Desa Sumber wuluh Kecamatan Candipuro menginformasikan kabut tebal sudah terjadi di kawasan Candipuro. Hujan deras di Kabupaten Lumajang sudah berlangsung sejak pagi tadi.

"Kondisi lalu lintas di sekitar kediaman kami banyak kendaraan yang berhenti. Karena memang kondisinya gelap. Warga juga banyak lalu lalang untuk menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman," jelasnya terkait erupsi Gunung Semeru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES