Peristiwa Internasional

Inspiratif, Nenek 104 Tahun di India Bersekolah untuk Belajar Membaca dan Menulis

Sabtu, 04 Desember 2021 - 07:57 | 42.05k
Kuttiyamma, seorang nenek yang sudah berusia 104 tahun bisa membuktikan bahwa  usia hanyalah angka, dan ia  bersekolah untuk belajar membaca dan menulis. (FOTO :Screenshot BBC)
Kuttiyamma, seorang nenek yang sudah berusia 104 tahun bisa membuktikan bahwa usia hanyalah angka, dan ia bersekolah untuk belajar membaca dan menulis. (FOTO :Screenshot BBC)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kuttiyamma, dari Kottayam, negara bagian Kerala, India Selatan menjadi inspirasi bagi semua dan membuktikan bahwa usia itu adil angka ketika ia memulai sekolah di usianya yang masuk 104 tahun untuk belajar membaca dan menulis.

Bahkan hasil tes literasi yang diselenggarakan oleh pemerintah Kerala, Kuttiyamma mencapai skor 89 dari 100 dalam tes literasi itu.

Sejak kecil Kuttiyamma bercita-cita selalu ingin sekolah. Namun pernikahan dini membuat mimpinya itu buyar dan sepanjang hidupnya ia berkutat pada pekerjaan kehidupan rumah tangga.

Kuttiyamma b

Namun mimpinya itu menjadi kenyataan ketika ia mendapat kesempatan untuk mengikuti program literasi yang disponsori pemerintah negara bagian Kerala. Otoritas Misi Keaksaraan Negara Bagian Kerala adalah lembaga otonom di bawah Departemen Pendidikan Umum, Pemerintah Kerala.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan keaksaraan melalui pendidikan berkelanjutan. Selain itu juga untuk memberikan kesempatan bagi setiap dan semua orang yang tertarik untuk belajar.

Hal ini juga memungkinkan bagi para pelajar untuk memanfaatkan pembelajaran mereka dalam kehidupan sehari-hari mereka dan memastikan pendidikan tingkat menengah ke seluruh Kerala. Penerima manfaat utama dari program ini adalah buta huruf, neo-melek huruf, putus sekolah dan mereka yang tertarik pada pendidikan seumur hidup.

Kuttiyamma mengikuti kelas Saksharatha. Ia dipandu oleh guru Rehna, bagaimana harus membaca dan menulis Gulir ke bawah untuk mengetahui lebih banyak. Tes Saksharatha diselenggarakan di Ayarkunnam Panchayat di distrik Kottayam. 

Wabita penduduk Kottayam Thiruvanchoor Ayarkunnam panchayat ini belum pernah ke sekolah. Ia hanya menghadiri kelas literasi di rumahnya saat ini dan dengan mencetak nilai 89 dari 100 sehingga ia memenuhi syarat untuk menulis ujian kelas 4. Suaminya, TK Konthi telah meninggal dunia pada tahun 2002.

Kuttiyamma c

"Guru mengajari saya segalanya seperti membaca dan menulis surat dalam bahasa Malayalam," kata Kuttiyamma seperti dikutip dari ANI, kantor berita di India. Gurunya yang lain, Fehra John menambahkan, ia bisa menulis surat sekarang dan sangat bahagia.

Menteri Pendidikan Kerala, Vasudevan Sivankutty, menggunakan media sosialnya pada hari Jumat untuk mendoakan Kuttiyamma yang berusia 104 tahun agar mendapat nilai bagus dalam ujiannya.

"Kuttiyamma yang berusia 104 tahun dari Kottayam telah mencetak skor 89/100 dalam ujian Misi Keaksaraan Negara Bagian Kerala. Usia bukanlah penghalang untuk memasuki dunia pengetahuan. Dengan rasa hormat dan cinta yang tinggi, saya berharap Kuttiyamma dan semua pelajar baru lainnya terbaik," tulisnya dalam tweetnya.

Kuttiyamma juga menyanyikan banyak lagu, doa serta membaca koran setiap hari. Otoritas Misi Keaksaraan Negara Bagian Kerala, India Tengah adalah lembaga otonom di bawah Departemen Pendidikan Umum, Pemerintah Kerala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES