Wisata

Telusuri Keunikan Air Terjun di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Sabtu, 04 Desember 2021 - 05:09 | 104.44k
Pantai Banyu Tibo Pacitan yang khas dengan air terjunnya. (foto: Yusuf Arifai)
Pantai Banyu Tibo Pacitan yang khas dengan air terjunnya. (foto: Yusuf Arifai)

TIMESINDONESIA, PACITANPantai Banyu Tibo yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur memiliki keunikan tersendiri. 

Terdapat fenomena alam berbeda jika dibanding dengan wisata bahari pada umumnya. Yakni sebuah air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Pemandangan inilah yang sebenarnya menjadi daya tarik utama dari Pantai Banyu Tibo.

Wisatawan yang penasaran biasanya tak sabar ingin merasakan langsung bagaimana sensasi mandi di bawah air terjun setinggi dua meter tersebut. 

Banyu Tibo Pacitan bkeindahan pasir berwarna putih kecoklatan menyatu dengan air terjun.

"Wah, begitu melihat dari atas kok ada air terjun yang sangat jernih. Jadi saya langsung merasakan sensasi mandi di bawahnya dan badan langsung segar," kata pengunjung asal Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Ferry, Jumat (3/12/2021). 

Dirinya mengaku baru pertama kali datang ke Pantai Banyu Tibo dan sangat terpukau akan keindahan yang menurutnya tidak ada duanya. 

"Kalau ini mah, sangat keren tak ada duanya. Saya baru pertama ke sini saja jadi betah berlibur bersama keluarga," ungkap Ferry takjub. 

Sesuai penelusuran TIMES Indonesia, ternyata air terjun tersebut berasal dari sumber mata air pegunungan karst yang hanya ada di Pacitan dan yang paling aneh menurut masyarakat setempat saat musim kemarau tidak akan pernah kering. 

Banyu Tibo Pacitan cWisatawan menikmati sensasi Pantai Banyu Tibo dan bermain di bawah air terjun.

Sungguh betapa indah keasrian alam Pacitan. Ditambah perpaduan air terjun menyatu dengan pasir Pantai Banyu Tibo yang berwarna putih kecoklatan membiaskan mata. 

Saat air laut surut seperti saat ini wisatawan bisa bermain di bibir pantai. Jika mau mandi di bawah air terjun sambil bermain pasir, maka tak perlu khawatir, karena sudah tersedia tangga yang disewakan. 

Selain itu, bagi anda yang hobi memancing, silakan bergabung dengan penduduk sekitar, karena biasanya mereka mencari ikan di kawasan Pantai Banyu Tibo ini. 

Adapun pantai unik ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti ruang ganti, kamar mandi, mck, parkir kendaraan, kantin bahkan juga ada beberapa spot selfie yang instagramable. Tiket masuk wisatawan dewasa cukup Rp10 ribu dan anak-anak Rp5 ribu saja. 

Lokasi Pantai Banyu Tibo yang berada di ujung selatan Kabupaten Pacitan memang masih tergolong sepi, paling ramai dikunjungi hanya hari Minggu atau musim liburan anak sekolah saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES