Kopi TIMES

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Akhir Tahun 2021

Jumat, 03 Desember 2021 - 18:14 | 42.82k
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Akhir Tahun 2021
Haris Zaky Mubarak, MA, Direktur Eksekutif Jaringan Studi Indonesia.
Editor: Faizal R Arief

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan lalu, pada November 2021 Badan Pusat Statistik (BPS) telah mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2021 sebesar 3,51 persen. Angka ini cendrung melambat dari nilai kuartal yang berlangsung sebelumnya yang mencapai angka 7,07 persen.Jika membaca data BPS secara keseluruhan, kontribusi dari Pulau Jawa terhadap laju pertumbuhan ekonomi nasional mengalami penurunan sebesar 57,55 persen pada kuartal III 2021.  Hal ini cendrung menurun dengan nilai kontribusi yang terjadi pada kuartal sebelumnya yakni mencapai 57,92 persen. (BPS,2021)

Sebaliknya, kontribusi ekonomi yang terjadi di pulau Sumatera, Kalimantan, Maluku dan Papua, serta Sulawesi terhadap nasional cendrung meningkat. Dari data BPS terbaru kontribusi ekonomi di pulau Sumatera terhadap ekonomi nasional berada pada angka 21,95 persen. Adapun pulau Kalimantan berada pada 8,32 persen, Maluku dan Papua 2,45 persen, serta Sulawesi 6,98 persen.(BPS, 2021).

Tantangan Nyata

Jika dinilai rata – rata ekonomi Pulau Jawa tercatat hanya tumbuh 3,03 persen pada kuartal III 2021. Sementara itu, ekonomi Bali dan Nusa Tenggara masih terkontraksi sebesar 0,09 persen. Perkembangan ekonomi Sumatera hanya tumbuh 3,78 persen, Kalimantan 4,52 persen, Sulawesi 4,58 persen, serta Maluku dan Papua 9,15 persen. Secara rasional, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III-2021 yang tumbuh 3,51% year on year (yoy) ini dipicu karena adanya pengetatan aktivitas masyarakat akibat serangan gelombang kedua wabah Covid-19 di bulan Juli-Agustus lalu. Hal itu tercermin dari penurunan mobilitas publik di berbagai tempat.

Dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat terhadap sektor manufaktur jelas sangat terasa. Pada Juli dan Agustus saja, Purchasing Managers Index (PMI) Indonesia tercatat mengalami kontraksi. Artinya pembacaan angka PMI berada di bawah 50. Hal ini melengkapi data penurunan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang juga ambles ke bawah 100 yang mengindikasikan sikap konsumen yang pesimis. Indeks Penjualan Riil yang mencerminkan sektor ritel di kuartal III juga menurun.

Namun, mulai membaiknya kondisi pengendalian wabah pandemi Covid -19 pada September dan Oktober telah membuat banyak geliat usaha secara perlahan ikut mulai bangkit. Dalam aspek sektoral, industri kesehatan mencatatkan pertumbuhan paling tinggi mencapai 14,06% yoy. Sementara itu sektor jasa cenderung terkontraksi pada periode Juli-September 2021. Pos perdagangan internasional menjadi sektor pendorong pertumbuhan ekonomi domestik pada kuartal III tahun ini. Kenaikan harga komoditas baik pangan maupun energi turut mendongkrak ekspor Indonesia.

Dalam data kuartal III-21, ekspor Indonesia tercatat mencapai US$ 61,42 miliar atau tumbuh 13,18% (quarter on quarter/qoq) dan 50,90% yoy. Sementara itu impor tercatat mencapai US$ 48,18 miliar atau naik 1,09% qoq dan 46,98% yoy. Ekspor yang naik tinggi lebih dari impor membuat surplus neraca dagang RI naik dari US$ 6,31 miliar di kuartal II menjadi US$ 13,24 miliar di kuartal III. Kenaikan yang mencapai dua kali lipat ini jelas memberi harapan tentang mulai stabilnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam mendukung pertumbuhan akhir tahun 2021, respons cepat pemerintah untuk mengendalikan lonjakan kasus varian delta awal Triwulan III-2021 setidaknya menjadi carian solusi penting memperkuat kembali pemulihan ekonomi nasional. Pulihnya kepercayaan masyarakat melakukan aktivitas ekonomi jelas mendorong kestabilan demand dan supply masyarakat. Beberapa faktor yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada penghujung tahun ini antara lain melalui pengendalian wabah Covid-19, gerak pertumbuhan ekspansi kredit perbankan, akselerasi belanja pemerintah hingga peningkatan permintaan domestik.

Disisi lain, percepatan realisasi hasil refocusing atau evaluasi anggaran dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang mengikuti tren perkembangan pandemi selama Triwulan III-2021 berdampak pada sisi peningkatan konsumsi masyarakat. Dalam posisi ini, konsumsi masyarakat diharapkan mampu tumbuh mencapai 0,66% (yoy). Situasi Covid- 19 yang mulai terkendali jelas mendorong peningkatan aktivitas ekonomi domestik terlebih jika hal ini juga didukung dengan akselerasi vaksinasi sebagai penopang utamanya.

Stimulus Taktis

Untuk mewujudkan kestabilan ekonomi, Pemerintah harus jeli memperhitungkan stimulus taktis dalam mengontrol keseimbangan nilai pasar global yang perubahannya dinamis dengan cara menjaga kestabilan pasar domestik yang masih belum sepenuhnya pulih. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya harga komoditas global yang mendorong peningkatan aktivitas perdagangan internasional Indonesia. Kita harus mampu melihat bagaimana pertumbuhan nilai ekspor Indonesia yang mampu berkembang sebesar 29,16% (yoy) dan impor yang tumbuh sebesar 30,11%(yoy) pada Triwulan III-2021. 

Neraca perdagangan Indonesia faktanya terus berlanjut mengalami surplus selama 17 bulan berturut-turut, hingga berakhir pada September 2021. Strategi Pemerintah selama pandemi untuk menjaga pasokan ekspor komoditas prioritas, seperti batubara jelas akan memberikan dampak kontribusi yang sangat positif. Selain itu, terjaganya pasokan dalam negeri menjadi kunci penting untuk menjaga momentum ekspor di tengah kenaikan harga. Pada sisi Industri Pengolahan sebagai kontributor terbesar Produk Domestik Bruto tumbuh positif sebesar 3,68% (yoy). 

Pulihnya berbagai lintas sektor usaha di Triwulan III-2021 ikut mendorong terjadinya peningkatan penyerapan tenaga kerja. Per Agustus 2021, partisipasi angkatan kerja menjadi meningkat menjadi 67,80% dan tingkat pengangguran terbuka menurun menjadi 6,49%, sebuah nilai yang lebih baik dibandingkan tahun 2020. Sektor Industri pengolahan menjadi sektor usaha yang mengalami peningkatan penyerapan tenaga kerja paling besar. Selain itu, keyakinan dunia usaha untuk merekrut pegawai juga tercermin dari peningkatan persentase komposisi penduduk yang bekerja pada lapangan formal sebesar 1,02% (dibandingkan Agustus 2020). Peningkatan ini jelas menjadi hal yang sangat menggembirakan.

Dalam prospek ke depan, sejalan konsistensi penurunan kasus harian Covid-19 yang terus terjadi, Pemerintah Indonesia diharapkan dapat memakai dua pendekatan strategis. Pertama, pemerintah harus dapat terus menjaga konsistensi pembukaan aktivitas ekonomi lebih luas namun tetap berada dalam pengawasan dan penerapan protokol Covid-19 yang sangat disiplin. Terkendalinya wabah pandemi Covid-19 seperti sekarang memungkinkan terjadinya kestabilan nilai penjualan dan pembelian di pasar domestik tanpa harus muncul kekhawatiran terjadinya penutupan aktivitas ekonomi.

Kedua, memperhatikan berbagai indikator utama atau leading indicator ekonomi nasional yang terjadi awal Triwulan-IV 2021 dan ditopang indikator kesehatan yang terus membaik pada penghujung akhir tahun 2021, maka pemerintah secara nasional diharapkan mampu membuat paket regulasi keseimbangan pemulihan ekonomi dan kesehatan yang rasional. Seperti halnya surplus ekonomi produktif dalam hal ini pertanian dan perikanan yang selama masa wabah pandemi Covid-19 mengalami nilai pertumbuhan ekonomi yang baik idealnya kemajuan ini juga mampu didistribusikan secara merata di seluruh daerah di Indonesia.

Selain itu, program percepatan pemulihan kesehatan melalui pemerataan vaksinasi dan peningkatan layanan kesehatan masyarakat terpadu jelas turut memberi dampak positif bagi ruang pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Karena dengan jaminan kesehatan yang baik maka trust (kepercayaan) para pelaku ekonomi domestik dan global juga terjamin. Dengan modal sosial ekonomi yang baik, pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam triwulan ke-IV tahun 2021 diyakini berada pada level diatas 5% dan mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan kedepannya.

***

*) Oleh: Haris Zaky Mubarak, MA, Direktur Eksekutif Jaringan Studi Indonesia.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

EKORAN

TERBARU

  • Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    26/01/2022 - 12:34
  • Capres Gagal Boleh Ikut Pilkada 2024 
    Capres Gagal Boleh Ikut Pilkada 2024 
    26/01/2022 - 12:26
  • Gelar PTM, PKBM Mandiri Usung Konsep Merdeka Belajar
    Gelar PTM, PKBM Mandiri Usung Konsep Merdeka Belajar
    26/01/2022 - 12:22
  • Sekolah Diminta Tidak Memaksakan PTM Jika Ada Siswa Terkonfirmasi Positif 
    Sekolah Diminta Tidak Memaksakan PTM Jika Ada Siswa Terkonfirmasi Positif 
    26/01/2022 - 12:18
  • Stunting dan Obesitas Pada Anak di Gresik Jadi Atensi
    Stunting dan Obesitas Pada Anak di Gresik Jadi Atensi
    26/01/2022 - 12:11

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00

KOPI TIMES

  • Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    26/01/2022 - 12:34
  • Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    26/01/2022 - 09:14
  • Makna Tanggal Pemilu 2024
    Makna Tanggal Pemilu 2024
    26/01/2022 - 08:17
  • Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    24/01/2022 - 21:33
  • Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    24/01/2022 - 19:20
  • Tingkatkan Kepedulian Pada keamanan Siber
    Tingkatkan Kepedulian Pada keamanan Siber
    24/01/2022 - 14:59
  • Ratu Terakhir Kerajaan Hawai’i
    Ratu Terakhir Kerajaan Hawai’i
    23/01/2022 - 12:36
  • Belajar dari Kesabaran Megawati
    Belajar dari Kesabaran Megawati
    23/01/2022 - 08:27

KULINER

  • Raih Pendanaan Seri A, Perusahaan Kuliner Startup Hangry Mendarat di Surabaya
    Raih Pendanaan Seri A, Perusahaan Kuliner Startup Hangry Mendarat di Surabaya
    25/01/2022 - 14:35
  • Menu Khas Imlek, Paket Classic Chinese Bisa Jadi Pilihan 
    Menu Khas Imlek, Paket Classic Chinese Bisa Jadi Pilihan 
    25/01/2022 - 14:00
  • Gurihnya Rujak Cingur dan Segarnya Cocopandan Ijen Suites Resort & Convention
    Gurihnya Rujak Cingur dan Segarnya Cocopandan Ijen Suites Resort & Convention
    25/01/2022 - 13:13
  • Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    25/01/2022 - 06:36
  • Rawon, Salah Satu Hidangan yang Terkenal di Jawa Timur
    Rawon, Salah Satu Hidangan yang Terkenal di Jawa Timur
    24/01/2022 - 00:31