Peristiwa Nasional

Panglima TNI: Kurun Waktu 10 Tahun, Ada 1.826 Prajurit Terinfeksi Virus HIV/AIDS

Jumat, 03 Desember 2021 - 13:38 | 88.00k
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/TNI)
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/TNI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPanglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengakui dalam kurun waktu 10 tahun ini tercatat sebanyak 1.826 prajurit terinfeksi HIV/AIDS.

Kendati demikian, Panglima TNI ingin memberikan contoh kejujuran yang sangat serius kepada masyarakat. Mereka diajak tidak malu untuk berkeluh kesah kepada para dokter dan perawat.

Panglima yakin, jika penderita HIV/AIDS jujur akan banyak korban yang terselamatkan dan korban selanjutnya, karena penyakit itu sangat menular. Dia yakin kedepannya, prajurit TNI akan semakin baik dan jujur.

"Kami tidak perlu malu mengungkapkannya karena faktanya kami punya prajurit yang terinfeksi virus tersebut," kata Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Dia mengakui, saat ini kesatuan terus memberikan pendampingan kepada prajurit dan keluarganya, agar mereka bisa disiplin dalam melakukan pengobatan di fasilitas kesehatan TNI AD.

Dengan berdisiplin, maka harapan hidup dapat lebih tinggi, karena walaupun belum ada obat yang menyembuhkan, namun pengobatan yang ada saat ini dapat memberikan daya tahan bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Pemeriksaan kesehatan terutama bagi yang hendak melakukan penugasan rutin dilakukan, yakni saat hendak bertugas dan sekembalinya mereka dari penugasan.

"Idealnya pemeriksaan kesehatan secara rutin dilakukan setiap tahun, namun hal itu belum dapat dilakukan karena keterbatasan anggaran," ucap Panglima TNI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES