Peristiwa Daerah

Seluruh Desa di Maluku Utara Didorong Miliki Perpustakaan

Jumat, 03 Desember 2021 - 11:40 | 39.15k
Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara, Muliadi Tutupoho saat berada di perpustakaan milik dinas.(foto: Samsudin Chalil)
Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara, Muliadi Tutupoho saat berada di perpustakaan milik dinas.(foto: Samsudin Chalil)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) dan Dinas Pembinaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Maluku Utara mendorong agar seluruh Desa di wilayahnya memiliki perpustakaan

Pemerintah berupaya terus meningkatkan kemampuan literasi masyarakat. Diantaranya adalah mengembangkan perpustakaan yang ada di desa-desa.

"Kami terus mendorong agar semua desa di Maluku Utara ini memiliki perpustakaan desa, dengan memanfaatkan dana desa yang ada," ujar Kadis PMD Provinsi Malut, Samsuddin Banyo ketika dihubungi TIMES Indonesia, Jumat (2/12/2021).

Ia mengklaim sebagian besar desa di wilayahnya sudah ada perpustakaan desa, namun banyak yang belum memenuhi standar, misalnya hanya memanfaatkan gedung kantor desa dengan memajang buku.

Menurutnya, perpustakaan desa harus terpisah dari kantor desa atau dengan membangun gedung sendiri. Dana desa yang dialokasikan begitu besar harusnya bisa dianggarkan untuk kebutuhan tersebut. 

"Tentu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan literasi masyarakat, adalah tugas kita semua, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh kepala desa agar juga fokus dengan peningkatan literasi ini," ucapnya 

Terpisah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut, Mulyadi Tutupoho menyampaikan apresiasi dukungan dan komitmen DPMD mendorong perpustakaan desa.

"Sinergitas ini yang kita perlu, sehingga apa yang kita harapkan yakni peningkatan literasi bisa terwujud," kata Mulyadi 

Disarpus, kata Mulyadi, saat ini tengah fokus membangun Kemitraan dengan pegiat literasi di Maluku Utara, sehingga dapat mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan dan kekurangan mereka. 

"Kami berkomitmen mendorong peningkatan gemar membaca masyarakat Maluku Utara dengan berbagai upaya," tandasnya (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES