Indonesia Positif

Direktur Diktis Kemenag RI Dorong STAI Al-Usmani Bondowoso Perkaya Produk Penelitian

Kamis, 02 Desember 2021 - 15:53 | 54.29k
General stadium di STAI Al-Usmani Bondowoso dimana pematerinya adalah Direktur Diktis Kemenag RI (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
General stadium di STAI Al-Usmani Bondowoso dimana pematerinya adalah Direktur Diktis Kemenag RI (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menjadi pemateri dalam stadium general di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Usmani (STAI Al-Usmani) Bondowoso, Kamis (2/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Diktis Kemenag RI, Prof. Suyitno mendorong perguruan tinggi termasuk STAI Al-Usmani harus konsisten membuat produk penelitian.

Menurutnya, perguruan tinggi yang ada di bawah naungan pondok pesantren punya tantangan kompleks. 

Maka perguruan tinggi kata dia, harus meningkatkan kualitas dosen, dan harus memiliki produk berupa penelitian. "Yang beriringan dengan pengabdian pada masyarakat," imbuhnya.

Selain itu kata dia, STAI Al-Usmani harus menyiapkan SDM dosen lebih matang, supaya peluang pengelolaan di dalam perguruan tinggi dapat diantisipasi perkembanganya.

"Selanjutnya bisa memperkuat komitmen dosen dengan kontrak yang harus disepakati," sarannya saat memberikan pemaparan.

Alasan komitmen dosen harus diperkuat kata dia, agar memiliki loyatias ke perguruan tinggi. "Jangan sampai ada ruang yang lebih baik di luar, sehingga pindah dengan mudahnya," paparnya.

Jika semua itu terpenuhi, maka akan meningkatkan status perguruan tinggi di bawah naungan lembaga pondok pesantren.

"Embrio perguruan tinggi di bawah naungan pondok pesantren akan memberikan warna baru bagi perguruan tinggi di tengah-tengah masyarakat yang selama ini terlalu konvensional," jelasnya.

Mewakili Ketua STAI Al-Usmani, Dr. Ubaidillah Afif mengatakan, perguruan tinggi Al-Usmani akan terus berupaya semaksimal mungki meningkatkan mutu perguruan tinggi.

"Kampus kami masih tergolong baru, kekurangan dan kelemahannya pasti masih lebih nampak, itulah yang kami harus segera perbaiki," jelasnya.

Dia berharap, dengan hadirnya direktur Diktis Kemenag RI ke STAI Al-Usmani Bondowoso bisa menjadi motivasi dan memperoleh banyak solusi dari beberapa problem yang ada. "Ini kesempatan langka dapat motivasi langsung dari beliau, kami berusaha memaksimalkan produk penelitian," tegasnya.

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES