Peristiwa Daerah

Api Bakar Gudang Kayu UD Berkat Jaya di Purbalingga

Rabu, 01 Desember 2021 - 23:17 | 49.35k
Foto 1, 2, 3: Gudang kayu yang terbakar dan petugas bersama warga berusaha memadamkan api. (FOTO: Pendim 0702 Purbalingga for TIMES Indonesia)
Foto 1, 2, 3: Gudang kayu yang terbakar dan petugas bersama warga berusaha memadamkan api. (FOTO: Pendim 0702 Purbalingga for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Api membakar gudang kayu milik UD Berkat Jaya, Desa Kaligondang RT 01 RW 02, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Jateng, Rabu (1/12/2021).

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian oleh empat unit mobil pemadam kebakaran bersama masyarakat.

Menurut dua karyawan pabrik kayu tersebut, Trimo (35) dan Suwono (40), awalnya melihat kepulan asap disusul kobaran api yang bersumber dari gudang limbah serbuk gergajian berukuran 12 x 6 m.

"Dari dalam gudang tiba-tiba ada kepulan asap, dan tak lama keluar api yang membesar dengan cepat," kata kedua saksi itu.

Selanjutnya, Suwono serta dua rekan kerjanya berupaya melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya, namun api justru membesar sehingga ia menghubungi Unit Pemadam Kebakaran, Koramil 02 Kaligondang, dan Polsek Kaligondang.

Kebakaran Gudang Kayu a

Sementara, Babinsa Koramil 02 Kaligondang, Pelda Waluyo yang turut di lokasi kejadian mengatakan jika api berhasil dipadamkan sekitar 2 jam, setelah petugas Unit Pemadam Kebakaran memadamkan api.

“Api berhasil dipadamkan pukul 11.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Diperkirakan kerugian mencapai Rp20 juta,” terangnya.

Waluyo menambahkan, ldari keterangan sejumlah saksi diduga api berasal dari gesekan mesin gergaji kayu yang sudah tumpul. Sehingga saat digunakan mengeluarkan percikan api, kemudian terjadi kebakaran.

"Percikan api dari mesin gerjaji diduga membakar serbuk gergajian kayu yang kemudian menjalar ke gudang kayu, penyimpanan limbah serbuk kayu tersebut," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES