Peristiwa Internasional

Arab Saudi, Ghana dan Norwegia Konfirmasi Kasus Pertama Varian Omicron

Rabu, 01 Desember 2021 - 22:52 | 31.47k
Kementerian kesehatan Saudi mendesak orang-orang untuk menyelesaikan vaksinasi mereka dan memerintahkan para pelancong untuk menghormati aturan isolasi diri dan pengujian. (FOTO : Al Jazeera/AFP)
Kementerian kesehatan Saudi mendesak orang-orang untuk menyelesaikan vaksinasi mereka dan memerintahkan para pelancong untuk menghormati aturan isolasi diri dan pengujian. (FOTO : Al Jazeera/AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Arab Saudi, Ghana dan Norwegia mengkonfirmasi kasus pertama varian baru Omicron Covid-19 ketika negara-negara memperketat pembatasan perjalanan internasional dalam upaya untuk memperlambat penyebarannya.

SPA yang dikelola pemerintah Saudi mengutip sumber dari kementerian kesehatan mengatakan individu yang terinfeksi itu adalah seorang warga negara Saudi yang kembali dari negara Afrika Utara dan kini telah diisolasi.

Dilansir Al Jazeera, pengumuman dari Saudi itu muncul setelah Ugur Sahin, CEO pembuat vaksin Covid-19 BioNTech mengatakan, bahwa meskipun varian Omicron bisa menyebabkan lebih banyak orang yang divaksinasi terinfeksi, mereka kemungkinan akan tetap terlindungi dari penyakit parah.

Sementara itu, panel penasihat kesehatan Amerika Serikat secara sempit mendukung pil Covid-19 yang diawasi ketat dari Merck yang dapat mengarah pada otorisasi akhir pekan ini.

Para ilmuwan telah berusaha keras untuk mempelajari lebih lanjut tentang efek varian Omicron ,yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan minggu lalu.

Masih belum jelas dimana atau kapan varian pertama kali muncul. Tetapi negara-negara telah bergegas memberlakukan pembatasan perjalanan , terutama pada pengunjung yang datang dari Afrika Selatan. Meskipun Organisasi Kesehatan Dunia, WHO menyerukan agar langkah-langkah yang diambil itu rasional untuk  menanggapi jenis baru ini.

Kementerian Kesehatan Ghana juga mencatat kasus pertama varian Omicron. Kementerian Kesehatan Ghana mendeteksi kasus pertama varian Omicron di negara itu dari penumpang yang tiba di Bandara Internasional Kotoka di Accra Accra setelah pengurutan yang dilakukan pada 21 November.

Sementara itu Norwegia juga mendeteksi dua kasus pertama varian Omicron, seperti disampaikan pihak pemerintah kota pantai barat Oeygarden

Dua orang yang terinfeksi itu sedang dalam perjalanan ke Afrika Selatan. "Keduanya saat ini pulih dari infeksi," kata Wali Kota Tom Georg Indrevik dalam sebuah pernyataan.

Norwegia pada hari Jumat memutuskan untuk memberlakukan karantina pada setiap pelancong yang datang dari Afrika Selatan atau negara-negara tetangga, menyusul keputusan serupa oleh negara tetangga Denmark. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES