Politik

KPU Kota Banjar Gelar Rakor dan Evaluasi Daftar Pemilih Berkelanjutan

Rabu, 01 Desember 2021 - 22:26 | 39.93k
Ketua KPU Kota Banjar dan beberapa Komisioner memimpin jalannya rapat koordinasi dan evaluasi DPT. (FOTO: Susi/ TIMES Indonesia)
Ketua KPU Kota Banjar dan beberapa Komisioner memimpin jalannya rapat koordinasi dan evaluasi DPT. (FOTO: Susi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, KPU Kota Banjar hari ini menggelar rapat koordinasi dan evaluasi daftar pemilih berkelanjutan bersama stakeholders, parpol maupun beberapa instansi terkait di Aula Hotel Mandiri, Rabu (01/12/2021).

Berbicara tentang data pemilih tentu bukan sekedar mendata orang pada satu sistem yang kita kenal dengan sistem data pemilih. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis.

Lebih dari itu, secara esensial data pemilih ini menyangkut tentang hak politik yaitu hak dipilih dan hak memilih.

Nampak-Camat-Banjar.jpgNampak Camat Banjar serius mengikuti rapat koordinasi yang digelar KPU di Aula Hotel Mandiri. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

"Karena ini berbicara tentang hak maka seyogyanya dan kami harapkan ada uluran dan pangku tangan dari semua stakeholder untuk sama-sama kita mensukseskan dalam menghadirkan data pemilih yang berkualitas tentu dengan berbagai peran yang bisa kita lakukan," ujarnya.

Kesuksesan pemilu maupun pemilihan baik yang bersifat komprehensif atau detail pada setiap tahapan, tentunya KPU tidak bisa bekerja sendiri untuk itu diharapkan adanya uluran tangan dari seluruh stakeholder untuk sama-sama memiliki komitmen dalam mensukseskan tahapan-tahapan pemilu salah satunya pemutakhiran data pemilih.

Ada tiga prinsip yang harus dijunjung tinggi dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yaitu kompherensif, akurat, dan mutakhir.

Tujuan kegiatan ini diuraikan Danial lebih ke evaluasi karena dalam perjalanan sebelumnya pihaknya hanya mampu mencapai 0,4% peningkatan DPT dari Tahun 2020 ke Tahun 2021.

"Harapan kami, dengan adanya evaluasi ini kita bisa kembali mendorong dan mengajak semua stakeholder untuk terlibat dalam suksesi DPT Tahun 2022 mendatang," paparnya.

Evaluasi sendiri, lanjut Danial, dilakukan rapat koordinasi setiap bulan untuk menginformasikan kepada publik bahwa pada setiap bulan itu ada fluktuasi peningkatan maupun penurunan DPT.

Berbagai program sudah dilakukan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih, seperti kegiatan KPU Saba Desa, sampurasun Dusun.

"Itu adalah bagian dari kegiatan konkrit untuk mensukseskan pendataan pemilih ini. Setelah itu Ada juga sistem informasi jemput bola dengan datang ke Desa dan Kelurahan berkoordinasi dengan petugas untuk memastikan beberapa elemen data yang di kita tidak ada dan itu bisa dilengkapi oleh mereka," jabarnya.

Danial sendiri menyinggung program vaksinasi yang bisa dikolaborasikan dengan pendataan pemilih.

"Walau belum ada arahan, saya kira ide tersebut cukup bagus apabila program tersebut dikolaborasi," pungkas Ketua KPU Kota Banjar menutup pembicaraannya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES