Peristiwa Daerah

Pemadaman Memakan Waktu 6 Jam, MT Soemantri Brodjonegoro Dipinggirkan di Pulau Nusakambangan

Rabu, 01 Desember 2021 - 22:17 | 47.54k
Upaya pemadaman oleh tim gabungan dari Pertamina, Pelindo, dan MT Soemantri Brodjonegoro. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia) Foto 3: I Nyoman Sidakarya memberikan keterangan kepada awak media. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIME
Upaya pemadaman oleh tim gabungan dari Pertamina, Pelindo, dan MT Soemantri Brodjonegoro. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia) Foto 3: I Nyoman Sidakarya memberikan keterangan kepada awak media. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIME

TIMESINDONESIA, CILACAP – Kapal jenis kargo MT Soemantri Brodjonegoro yang bermuatan pupuk PT Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) terbakar di Area 70 Cilacap persisnya di terminal khusus Dermaga Pertamina sekitar pukul 07.15 WIB, Rabu (1/12/2021).

Kapal yang membawa 26 ABK itu diduga mengalami kebakaran pada mesin kapal karena korsleting listrik.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan/Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, begitu mendapat kabar kapal pengangkut pupuk dari PUSRI tersebut terbakar, pihaknya menggerakkan tim berjumlah 17 orang ke lapangan dengan dua motor boat dan RIB untuk mengevakuasi ABK yang ada di kapal.

Upaya-pemadaman-oleh-tim-gabungan-dari-Pertamina-Pelindo-dan-MT-Soemantri-Brodjonegoro-2.jpg

"Sejumlah 26 ABK termasuk nakhoda itu kini sudah diserahkan ke PUSRI," katanya.

Menurut Nyoman, kebakaran tersebut tidak mengganggu lalu lintas kapal yang melewati jalur tersebut, seperti kapal-kapal Pertamina maupun kapal TNI.

Saat ini kapal sudah dipinggirkan di Pulau Nusakambangan. "Api sudah dipadamkan dan sudah selesai, dan posisi kapal sudah aman," imbuhnya.

Upaya-pemadaman-oleh-tim-gabungan-dari-Pertamina-Pelindo-dan-MT-Soemantri-Brodjonegoro-3.jpg

Pemadaman dimulai pukul 07.15 hingga 12.00 WIB termasuk pendinginan kapal. Sebanyak 17 personel Basarnas bergabung dengan tim gabungan berjumlah 50 orang.

Pemadaman dilakukan oleh pihak Pertamina, Pelindo, dan MT Soemantri Brodjonegoro.

"Kapal MT Soemantri Brodjonegoro saat itu sedang turun barang dan melewati jalur perairan Teluk Penyu di sekitar Area 70," ungkap Nyoman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES