Peristiwa Daerah

Tanah Longsor Hantam Rumah Warga di Majalengka

Rabu, 01 Desember 2021 - 21:36 | 52.77k
Warga menunjukan lokasi longsor yang menimpa rumah warga di Desa Sukadana, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Warga menunjukan lokasi longsor yang menimpa rumah warga di Desa Sukadana, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Sukadana, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada Senin 29 November 2021 sore mengakibatkan peristiwa tanah longsor.

Diketahui, tebing setinggi sekitar 7 meter di lingkungan Blok Desa RT.03/03, desa setempat ambruk. Bahkan, material tanah menimpa rumah milik Kiki (45). Akibatnya, rumah yang baru ditempati sekitar tiga tahun lalu itu kini rata dengan tanah.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, pemilik rumah sempat mengalami syok dan kini harus mengungsi ke rumah orang tuanya.

Kepala Desa Sukadana, M Sumantri mengatakan bencana tanah longsor tersebut disebabkan faktor alam, yakni hujan deras yang berlangsung cukup deras dari siang hingga harinya. Bahkan, sungai di desa tersebut juga meluap ke area pesawahan.

"Nah area pesawahan itu tak bisa menampung air lalu ambruk menimpa satu unit rumah, karena memang rumahnya itu di bawah sawah. Tebing setinggi 7 meter langsung ambruk menimpa rumah tersebut," ungkap Sumantri, Rabu (1/12/2021).

Akibat peristiwa tersebut, kata dia, rumah milik warga hancur tak tersisa. Sementara, pasca kejadian pihak dari pemerintah kecamatan dan BPBD langsung melakukan assesment.

"Alhamdulillah sudah dapat bantuan, ada dari pemerintah kecamatan dan BPBD langsung ke sini melihat bencana longsor ini," ucapnya.

Sumantri menyebut di wilayahnya memang masuk ke dalam daerah rawan longsor. Adapun, peristiwa tanah longsori ni masih mengancam bangunan di sekitarnya. "Ada bangunan sekolah, bangunan perpustakaan yang terancam, karena jaraknya dekat dengan tebing sawah," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES