Peristiwa Daerah

Santoso Budi Susetyo, Sosok Anggota DPRD Blora yang Juga Ketua RW

Rabu, 01 Desember 2021 - 21:17 | 85.20k
Selain menjadi anggota DPRD Blora, Budi juga menjabat sebagai ketua RW di lingkungan tempat tinggalnya. (FOTO: Firmansyah/Times INDONESIA)
Selain menjadi anggota DPRD Blora, Budi juga menjabat sebagai ketua RW di lingkungan tempat tinggalnya. (FOTO: Firmansyah/Times INDONESIA)

TIMESINDONESIA, BLORA – Banyak wakil rakyat seakan lupa dengan konstituennya ketika ia terpilih dan duduk di gedung dewan. Tragisnya lagi, ia bahkan sulit ditemui pasca Pemilu usai. Namun hal ini tak terjadi kepada Santoso Budi Susetyo. Pria kelahiran Blora, 17 Februari 1975 ini selain menjadi anggota DPRD Blora juga menjabat sebagai ketua RW di lingkungan tempat tinggalnya. 

Politisi PKS yang sudah menjabat di DPRD Kabupaten Blora selama 2 periode, yakni tahun 2014 hingga 2024 tersebut justru bangga dengan jabatannya sebagai ketua RW yang baru diemban selama 2 bulan ini. 

menjadi-anggota-DPRD-Blora-dan-Ketua-RW.jpg

Ditemui TIMES Indonesia di kediamannya pada Rabu (1/12/2021), Budi sapaan akrabnya menuturkan ia memiliki cerita berkesan terkait jabatan RW di lingkungan tempat tinggalnya.

"Dulu bapak saya juga pernah menjabat ketua RT ketika saya muda. Kini, alhamdulillah saya bisa menjadi ketua RW. Hal ini yang membuat saya senang, karena bisa merasakan juga apa yang telah bapak saya rasakan," ujar Budi. 

Sepak Terjang Sebelum Menjadi Anggota DPRD Blora

Hidup tak selalu mulus, namun bagi yang berjuang bersungguh sungguh akan selalu ada jalan. Prinsip hidup itulah yang selalu dipegang Budi.

Politisi alumni SMEA Negeri Blora tahun 1993 ini mengaku berasal dari keluarga sederhana. Sudah banyak bidang pekerjaan yang dijalaninya usai ia lulus sekolah. 

"Selepas lulus sekolah, saya pernah jualan baju keliling. Beberapa tahun kemudian sekitar tahun 2004, saya pernah menjadi sales jamu.  Tahun 2007, saya pindah menjadi sales obat freelance," terang pria asli Kelurahan Jepon yang juga menekuni jualan online. 

Meski harus berjualan keliling, ia juga masih aktif di kelompok pemuda Masjid dan kegiatan organisasi partai politik yang hingga kini menaunginya. 

Ia mengenal dunia politik sekitar tahun 2001 lalu. Kala itu, Budi menjadi Ketua Bidang Kebijakan Publik DPD Partai Keadilan Blora. Kemudian sebagai Wakil Sekretaris DPD PKS Blora 2004-2010.

Jabatan selanjutnya yakni Bendahara Umum DPD PKS 2010. Dan sejak Tahun 2015 hingga kini,  ia dipercaya menjabat Ketua Umum DPD PKS Blora.

Anggota DPRD Blora yang juga hobi olahraga joging ini bersyukur mendapat amanah sebagai DPRD Blora. Ia pun tak segan dalam menjawab tantangan pekerjaan sebagai wakil rakyat.

"Sebagai wakil rakyat, saya menyuarakan kepentingan kelompok masyarakat tertentu agar diakomodir lewat kebijakan pemerintah daerah atau peraturan daerah. Meskipun terkadang tidak banyak dukungan sesama anggota dewan yang mungkin memiliki pertimbangan lain bahkan berseberangan," papar alumni S1 Fisip di Unigoro Bojonegoro Tahun 2015 ini. 

Bagi ayah 3 orang anak ini menjadi anggota DPRD Blora dan Ketua RW, sama sama sebuah tugas mulia dalam melaksanakan amanah masyarakat. Bahkan ia mengaku tidak merasa kerepotan, meskipun sebagai Ketua RW tidak mendapat gaji. 

"Menjadi ketua RW bisa menjadi ruang pengabdian yang sesungguhnya. Jabatan tanpa gaji dan fasilitas. Luas wilayah dan masyarakat yang heterogen dalam banyak hal menjadi tantangan tersendiri dalam merawat kebersamaan agar terwujud lingkungan yang tertata dan kondusif," ucapnya.

Terkait bagaimana cara membagi waktu saat menjadi anggota DPRD, Ketua RW dan waktu untuk keluarga, suami dari Anif Mustaqimah ini membagikan tipsnya. Yakni manajemen waktu sangatlah diperlukan agar bisa maksimal.

"Aktivitas sebagai ketua RW yang harus banyak ngurusi warga, berkumpul dan berdialog, justru merupakan bagian penting sebagai anggota DPRD,” katanya.

Budi menambahkan kewajiban anggota DPRD adalah menyerap, selanjutnya memperjuangkan aspirasi dari masyarakat.

"Sebagai ketua partai juga harus bisa ambil waktu tepat untuk ngurus partai. Kalau keluarga, Insya Allah secara umum semua anggota keluarga faham dan sudah terkondisikan dengan baik,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES