Peristiwa Daerah

Kota Baru Batal Dibangun, Wali Kota Gorontalo: Dana PEN Dialihkan ke Infrastruktur dan Kesehatan

Rabu, 01 Desember 2021 - 21:02 | 28.39k
Kegiatan penandatanganan adendum dana PEN Kota Gorontalo, antara Wali Kota Gorontalo, Marten Taha dengan pimpinan PT. SMI selaku pengelola dana PEN. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Kegiatan penandatanganan adendum dana PEN Kota Gorontalo, antara Wali Kota Gorontalo, Marten Taha dengan pimpinan PT. SMI selaku pengelola dana PEN. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Salah satu program kegiatan Pemerintah Kota Gorontalo yang dibiayai dengan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun ini mengalami perubahan. Adalah pembangunan kota baru. Penyesuaian kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan adendum dana PEN Kota Gorontalo, antara Wali Kota Gorontalo, Marten Taha dengan pimpinan PT. SMI selaku pengelola dana PEN,  Rabu (1/12) di Jakarta.

"Tadi saya dengan direktur PT. SMI melakukan penandatanganan adendum perjanjian pinjaman dana PEN. Adendumnya yaitu tentang program pembangunan kota baru," ujar Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, ketika diwawancarai melalui sambungan telepon seluler.

Dibatalkannya pembangunan kota baru ini, kata Marten dikarenakan estimasi waktu penyerapan anggaran dana PEN yang akan membiayai proyek tersebut cukup sempit. Dimana, PT. SMI hanya memberikan waktu sampai tahun 2022. Sementara, untuk pembangunan kota baru membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun.

"Saya hanya diberi sampai tahun depan. Sedangkan pembangunan kota baru ini membutuhkan waktu yang sangat panjang, paling tidak tiga tahun. Yaitu pembebasan lahan untuk pembangunan kota baru ini. Lahannya ada sekitar 30 Hektare, tapi proses pembebasan lahan memakan waktu yang banyak, sehingga kita tidak bisa menyerap anggarannya sesuai syarat PT. SMI," kata Marten.

Kota baru, lanjut Marten, diperuntukkan relokasi masyarakat yang bermukim yang tidak sesuai. Diantaranya, kata Marten, yang tinggal di bantaran sungai yang selalu terdampak banjir.

Lantas program apa yang akan menggantikan pembangunan kawasan kota baru tersebut ? Marten menjawab, kegiatan pembangunan kota baru akan digantikan dengan dua program, yaitu pembangunan infrastruktur dan untuk sektor kesehatan.

"Infrastrukturnya itu, peningkatan jalan dan rehabilitasi drainase. Sedangkan untuk kesehatan akan dialokasikan untuk pembangunan fisik dan pengadaan alkes di RS Aloei," jelas Marten.

"Alhamdulillah, usulan yang selama kurang lebih enam bulan kita urus itu, mereka setujui semua," imbuhnya.

Marten menambahkan, pelaksanaan pembangunan infratsruktur dan kesehatan ini akan menggunakan biaya yang dialokasikan untuk pembangunan kota baru, yakni kurang lebih Rp 66 Miliar. "Rp 36 M untuk infrastruktur, drainase kira-kira Rp 4 sampai 5 Miliar, dan untuk RSAS sekitar Rp 24 M," tandas Wali Kota Gorontalo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES