Peristiwa Nasional

Kapolda Jawa Barat Imbau Masyarakat Tetap di Rumah Selama PPKM Level 3 dan Nataru

Rabu, 01 Desember 2021 - 20:17 | 33.29k
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana saat kunjungan ke Polres Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana saat kunjungan ke Polres Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Menjelang datangnya masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Pemerintah Republik Indonesia menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3, yang akan dimulai pada 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

Penetapan PPKM Level 3 tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 yang dikeluarkan Mendagri pada 22 November 2021 kemarin. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 pada libur Nataru nanti.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengimbau, agar masyarakat tidak melakukan perjalanan keluar kota apabila tidak diperlukan. Dia lebih mengimbau agar selama masa liburan Nataru dilakukan saja di rumah.

"Covid-19 masih belum aman, lebih baik kumpul bersama keluarga saja di rumah," jelasnya saat kunjungan ke Polres Indramayu, Rabu (1/12/2021).

Kapolda melanjutkan, pihaknya akan terus mensosialisasikan terkait pelaksanaan PPKM Level 3 tersebut. Selain itu, juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau terjadi kerumunan, harus kita hindari supaya tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19," tuturnya.

Sementara menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, terdapat beberapa skenario yang akan diterapkan di Kabupaten Indramayu, sesuai dengan Inmendagri tersebut. Di antaranya, libur anak sekolah tidak akan dilaksanakan pada masa libur Nataru, pembagian rapor sekolah dilaksanakan setelah tahun baru, kegiatan kesenian dan olahraga ditiadakan.

Kemudian, lanjutnya, tidak mengizinkan ASN mengambil cuti libur Nataru, dan sejumlah skenario lainnya. Selain itu, akan ada pula pengetatan di sejumlah ruas jalan protokol untuk mencegah terjadinya perayaan malam tahun baru di sejumlah titik di Kabupaten Indramayu.

"Kita berkoordinasi bersama TNI-Polri, demi pelaksanaan PPKM Level 3 ini," jelasnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES