Peristiwa Daerah

Sekprov Malut Minta APIP dan APH Perkuat Sinergitas

Rabu, 01 Desember 2021 - 19:37 | 30.64k
Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir menyampaikan sambutan pembukaan Rakor APIP APH tingkat provinsi Maluku Utara. (Foto: Mukti for TIMES Indonesia)
Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir menyampaikan sambutan pembukaan Rakor APIP APH tingkat provinsi Maluku Utara. (Foto: Mukti for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara (Sekprov Malut) Samsuddin A Kadir meminta Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) lebih meningkatkan program dan kerja.

Hal itu disampaikan orang nomor tiga di Pemprov Malut itu dalam pembukaan Raapat koordinasi APIP dan APH tingkat provinsi Maluku Utara, yang digelar oleh Inspektorat Maluku Utara, di Sahid Bella Hotel, Ternate, Rabu (1/12/2021).

Samsuddin menyampaikan bahwa, ada beberapa poin penting yang patut diperhatikan yakni Perencanaan dan Penganggaran Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Daerah, Perizinan, Manajemen ASN, serta Manajemen Aset Daerah sehingga pemerintah terkontrol.

"Sebagaimana arahan pak Presiden RI pada rapat kerja APIP pertengahan Mei lalu, dimana untuk tercapainya pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien maka dibutuhkan peningkatan kualitas percepatan belanja pemerintah,"ujar Samsuddin A Kadir.

Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir aSuasana pembukaan Rakor APIP dan APH tingkat provinsi Maluku Utara (Foto: Mukti for TIMES Indonesia)

Sekprov Samsuddin mengatakan, Rakor APIP dan APH ini menunjukan kesungguhan untuk terus meningkatkan perannya untuk meningkatkan kualitas akuntabilitas pengawasan, pengelolaan dan laporan masyarakat.

Disamping itu, lanjut Samsuddin, Rakor tersebut juga menjadi forum Inspektorat Daerah untuk terus meningkatkan kapasitasnya.

"APIP dan APH yang berfungsi menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah sudah harus efektif menjadi suatu kebutuhan," tegasnya.

Selain Sekprov Malut, turut hadir dalam acara tersebut, Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, Polda Maluku Utara, Inspektur Nirwan M.T Ali, serta para perwakilan Inspektorat kabupaten/kota.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES