Tekno

Begini Cara Memilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP

Rabu, 01 Desember 2021 - 06:42 | 434.44k
Ilustrasi Memilih Kabel Charger yang Bagus.  (FOTO: Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi Memilih Kabel Charger yang Bagus. (FOTO: Unsplash/Mika Baumeister)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kerusakan kabel charger handphone bisa disebabkan salah satunya oleh pemakaian tidak wajar. Maka, penting untuk memilih kabel charger yang bagus bertujuan agar kabel tersebut dapat digunakan secara aman dan tahan lama.

Kabel charger HP atau ponsel biasanya merupakan bawaan dari pabrikan (original) smartphone untuk para pembelinya. Namun, aksesoris ini juga banyak ditemui yang bukan original.

Kabel charger hp merupakan aksesoris penting yang berfungsi untuk mentransfer data. Bila terjadi kerusakan, tentu akan menghambat kerja.

Namun jangan khawatir kabel charger dapat ditemui dengan mudah. Tersedia beragam merk dan macam kabel charger yang dapat dipilih. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan dan memilih kabel charger yang sesuai.

Memilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP
HP mahal tanpa kabel charger yang bagus menjadi kurang berarti. Mengingat kabel charger berperan penting dalam penggunaan ponsel. Para pengguna HP akan selalu memerlukan aksesoris ini setiap kali melakukan pengisian daya atau baterai HP.

Kabel charger yang bagus tidak berkaitan dengan tampilan atau ragam warnanya. Bagus memiliki arti pada mutu atau kualitas dari kabel charger tersebut.

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk memilih kabel charger HP dengan memperhatikan kualitas. Bukan hanya soal tampilannya.

Beberapa tips memilih kabel charger yang bagus untuk HP atau smartphone Anda:

Charger Original
Sebaiknya Anda memilih kabel charger yang bagus untuk HP anda dengan membeli yang sama dengan merk HP. Ini sangat disarankan saat Anda membeli penggantinya karena adanya kerusakan kabel charger dan membeli baru sebagai gantinya.
 
Pastikan anda membeli produk yang original. Pada umumnya, toko online akan menyediakan kabel charger original sesuai dengan bawaan pabrik.

Kenapa demikian? Ini bertujuan agar arus output serta inputnya sebanding dengan kepala charger yang anda gunakan. Jika berbeda, tentu akan berpengaruh terhadap kinerja pengisian baterai.

Bahan Coating
Coating merupakan lapisan material pelindung terluar dari kabel charger. Secara visual, terdapat beberapa jenis coating yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kabel charger, antara lain nilon, fiber kevlar, kulit sintetis, dan PVC.

Bisa jadi akan sulit untuk mengenali material ini. Namun umumnya kabel charger yang bagus akan menampilkan informasi material coating yang digunakan pada kemasannya.

Dalam setiap jenis coating seringkali akan berpengaruh terhadap kelenturan kabel sehingga mampu memberikan perlindungan lebih dan tahan lama.

Kabel charger dengan material coating tidak mudah koyak ataupun putus dan juga lebih tahan air. Karena material ini harus melindungi kabel yang terdapat pada bagian dalamnya.

Saat ini telah banyak tersedia kabel charger dengan lapisan coating sehingga memudahkan anda dalam memilih kabel charger yang bagus dengan beragam warna dan corak.

Perhatikan Fitur Tambahan
Selanjutnya, tips memilih kabel charger yang bagus adalah memperhatikan fitur tambahan yang tersedia. Salah satu fitur yang paling sering pengguna cari adalah Fast Charging.

Adanya fitur fast charging pada HP akan membantu proses pengisian baterai relatif lebih cepat alias tak perlu menunggu lebih lama. Kecepatan pengisian daya menjadi keunggulan dari adanya fitur tersebut.

Selain itu, jika akan membeli kabel charger, anda bisa membeli kabel yang menyediakan berbagai jenis kepala USB port yang dapat dibongkar pasang. Hal ini bertujuan agar pengisian daya lebih maksimal.

Jadi, fitur fast charging dan kecepatan transfer data perlu dicoba terlebih dahulu sebelum akhirnya anda membeli dengan menggunakan sampel produk yang ada.

Pastikan kabel charger bergaransi
Berikutnya, tips memilih kabel charger yang bagus adalah bergaransi minimal 1 minggu dari waktu pembelian.

Hal ini penting agar kabel charger yang dibeli dapat berjalan dan berfungsi baik sesuai spesifikasi dalam perangkat tersebut. Apabila ditemukan kerusakan, Anda tidak akan dirugikan karena adanya masa garansi untuk mengganti barang.

Anda perlu juga memperhatikan informasi yang terdapat dalam kemasan. Perhatikan apakah kabel charger tersebut sesuai dengan smartphone yang anda gunakan.

Hal yang perlu dipahami pula, dengan memperhatikan garansi dalam memilih kabel charger yang bagus, membantu untuk mengenali keaslian kabel charger yang dibeli. Mengingat saat ini banyak terdapat produk bajakan dengan kualitas buruk yang menyematkan brand atau merk dalam kemasan atau barangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES