Peristiwa Daerah

Dengan Aplikasi iNgawi, Baca Buku Kini Semudah di Genggaman

Selasa, 30 November 2021 - 16:28 | 34.94k
Suyatno saat menunjukkan aplikasi iNgawi. (Foto: M.Miftakul/TIMES Indonesia)
Suyatno saat menunjukkan aplikasi iNgawi. (Foto: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWIPemkab Ngawi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi, memiliki aplikasi yang memungkinkan masyarakat membaca koleksi buku tanpa harus berkunjung ke perpustakaan. Yaitu aplikasi iNgawi, sebuah platform perpustakaan digital, yang memiliki ribuan koleksi buku.

Kepala Bidang Deposit Pengembangan dan Pengelolaan Bahan Pustaka (DPP) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ngawi, Suyatno, saat memperagakan Aplikasi iNgawi menyebut, aplikasi ini berjalan pada perangkat mobile Android.

Sehingga kata dia, aplikasi ini bisa digunakan kapan dan di manapun, setelah terpasang pada hp android. "Dengan iNgawi, kapanpun, di manapun, bisa membaca buku," kata Suyatno kepada TIMES Indonesia, Selasa (29/11/21).

Suyatno menjelaskan, setelah pengguna mengunduh aplikasi iNgawi, dan melakukan registrasi, maka pengguna bisa langsung membaca ribuan koleksi buku digital di aplikasi iNgawi tersebut secara gratis.

Ribuan koleksi buku digital tersebut, lanjut Suyatno, terdiri dari puluhan kategori. Di antaranya dari kategori agama, anak-anak, sastra, pendidikan, hingga kategori umum.

Aplikasi iNgawiTampilan aplikasi iNgawi. (Foto: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

"Keunggulannya, aplikasi iNgawi bisa tetap digunakan meskipun tanpa jaringan internet. Bisa dikatakan aplikasi ini berjalan secara offline, dan tidak menyedot pulsa," katanya.

Meskipun berbasis aplikasi, namun sistem peminjaman buku tetap berlaku sama dengan perpustakaan pada umumnya. Yaitu pengguna diberikan batas waktu pinjam, atau baca buku digital selama 7 hari.

"Setelah 7 hari, buku otomatis kembali ke rak simpan digital. Kemudian, kalau ingin baca lagi, tinggal pinjam lagi," jelas Suyatno.

Aplikasi iNgawi selaku perpustakaan digital, menjadi salah satu terobosan Pemkab Ngawi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi, dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan iNgawi aktivitas membaca menjadi lebih mudah dan menyenangkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES