Kuliner

Ini Jajanan Tradisional Indonesia yang Mulai Langka

Selasa, 30 November 2021 - 09:31 | 261.87k
Kue rangi sebagai kue langka (Foto: wikipedia/wibowo jatmiko)
Kue rangi sebagai kue langka (Foto: wikipedia/wibowo jatmiko)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia kaya dengan beberapa jajan tradisional. Seperti nogosari, lumpia, klepon, lumpur, lemper dan masih banyak lagi. Jajanan tersebut biasanya menjadi sajian untuk acara-acara tertentu. 

Namun ada beberapa jajanan tradisional yang mulai sulit ditemukan seiring berkembangnya jaman dan makin banyaknya jajanan baru yang bermunculan.  Berikut beberapa jajanan tradisional yang mulai jarang ditemui dan termasuk langka di Indonesia: 

1. Jenang Krasikan

Kue-Krasikan.jpgFoto: Cookpad

Jenang krasikan merupakan makanan yang berasal dari Pulau Jawa. Masakan ini dimasak dengan ketan, santan, gula merah dan dimasak selama berjam-jam. Rasa makanan ini cenderung manis dan legit. Meskipun Jenang Krasikan masih mudah ditemui, namun makanan ini sudah tergolong langka.

2. Madu Mongso

Madu-Mongso-1.jpgFoto: WIkipedia

Madu mongso memiliki rasa seperti namanya yakni manis dan umumnya berwarna hitam kecoklatan. Madu mongso terbuat dari ketan hitam yang ditambah dengan gula. Setelah jadi, madu mongso biasanya dibungkus dengan plastik bening kecil-kecil dengan pita warna warni dan sering juga dibungkus dengan kertas berwarna yang mencolok. 

3. Clorot

Kue-Clorot.jpgFoto: Wikipedia

Makanan yang terbuat dengan tepung beras, gula merah, juga santan ini dibungkus menggunakan daun janur dan lontar yang dibentuk kerucut. Jajanan ini termasuk langka juga meski memiliki banyak peminat. 

4.  Bendu

Kue-Bendu.jpgFoto: Wikipedia

Jajan ini berasal dari Bali dan dibuat dari parutan kelapa, gula, beserta bahan lainnya. Seperti yang dijelaskan, jajan ini menjadi hidangan untuk acara tertentu. Meski begitu, jajanan ini termasuk dalam daftar jajan langka yang mulai sulit untuk ditemukan. 

5. Kue Rangi

Kue-Rangi-a.jpgFoto: Wikipedia

Kue rangi terbuat dari tepung kanji yang dibentuk menggunakan cetakan khusus yang menyerupai cetakan kue pukis nemun lebih tipis. Setelah itu, kue rangi akan ditaburi kelapa dan juga gula sebagai pemanis. Meski jajan khas betawi ini masih sering ditemui di pinggiran, kue rangi termasuk langka dan sulit untuk ditemukan. 

Itulah beberapa jajanan tradisional yang mulai langka dan sulit untuk ditemui. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES